Minuman Berkafein Dinilai Ampuh Kurangi Risiko Parkinson

Kompas.com - 18/05/2020, 15:08 WIB
Ilustrasi kopi dan teh. ShutterstockIlustrasi kopi dan teh.

KOMPAS.com - Minuman berkafein, seperti teh atau kopi, dapat membuat tubuh kita menjadi rileks. Selain itu, kedua minuman tersebut rupanya dapat mengurangi risiko penyakit Parkinson.

Penyakit Parkinson merupakan penyakit degeneratif akibat kerusakan otak yang memengaruhi tubuh dengan merusak gerakan, kontrol otot, dan keseimbangan. 

Berdasarkan studi analisis sistematik pada tahun 2016, terdapat 6,1 juta orang menderita penyakit Parkinson di seluruh dunia.

Setelah menemukan kafein dan asam urat memiliki sifat perlindungan pada hewan, para peneliti di Harvard Medical School ingin melihat apakah manfaat ini juga terjadi pada manusia.

Hasil studi mereka mengungkap, setelah menyesuaikan dengan faktor-faktor seperti usia dan indeks massa tubuh (BMI), potensi penyakit Parkinson menurun seiring meningkatnya konsumsi kafein.

Baca juga: Kenali, Gejala Penyakit Parkinson dan Penanganannya

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Parkinson's Disease tersebut melibatkan partisipasi 369 orang dengan penyakit Parkinson dan 197 tanpa penyakit sebagai pembanding.

Rachit Bakshi, peneliti utama yang bekerja di departmen neurologi mengatakan, kafein dan asam urat memiliki sifat neuroprotektif atau melindungi saraf.

"Keduanya mempunyai sifat protektif pada contoh hewan yang mengalami penyakit Parkinson,  dan penyakitnya melambat," ujar Bakshi.

Namun, efek kafein belum dipelajari dalam jangka panjang.

Profesor Bas Bloem, konsultan ahli saraf, mengatakan kekuatan penelitian terletak pada "pendekatan yang kuat", termasuk pemantauan sekelompok orang dengan penyakit Parkinson.

"Ini adalah dasar penting untuk mengembangkan pendekatan modifikasi penyakit di masa depan lebih lanjut demi memperlambat penurunan kondisi progresif yang tanpa henti ini," kata Bloem.

Baca juga: Kafein Juga Mengalir dalam Darah Kita



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X