Pilihan Obat Batu Ginjal Alami yang Bisa Dicoba di Rumah

Kompas.com - 18/05/2020, 15:48 WIB
Ilustrasi cuka apel shutterstockIlustrasi cuka apel
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Batu ginjal dapat terbentuk karena pengendapan mineral dan garam di dalam ginjal.

Dapat menimbulkan rasa sakit, kebanyakan kasus batu ginjal bisa dibantu dokter dengan konsumsi obat pereda nyeri.

Selain itu, beberapa bahan yang ada di dapur juga bisa menjadi obat batu ginjal alami – diiringi dengan obat dan arahan dari dokter. Apa saja bahan tersebut?

1. Air putih

Air putih dapat menjadi ‘obat’ batu ginjal alami saat kamu berusaha meluruhkan batu tersebut.

Tingkatkan asupan air putih menjadi 12 gelas dalam satu hari, dibanding yang biasanya 8 gelas. Seterusnya, jaga asupan air putih agar terhindar dari dehidrasi.

Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat menjadi salah satu faktor risiko utama terbentuknya batu ginjal.

Untuk mengetahui apakah tubuh kekurangan cairan, kamu bisa menjaga agar warna urine tidak berubah menjadi kuning gelap. Penting pula untuk diketahui bahwa warna urine yang normal adalah kuning cerah dan pucat.

Baca juga: Begini Ternyata Aturan Minum Air Putih yang Benar

2. Perasan lemon

Lemon mengandung sitrat, senyawa kimia yang dapat mencegah pembentukan batu kalsium. Sitrat juga dapat membantu menghancurkan batu ginjal yang berukuran kecil agar bisa ‘turun’ lebih mudah bersama dengan urine.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X