3 Tempat yang Harus Dihindari Saat Masa Karantina Usai

Kompas.com - 18/05/2020, 23:55 WIB
Ilustrasi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona

KOMPAS.com - Ketika kurva pandemi Covid-19 mulai menurun, sejumlah negara akan mulai melonggarkan karantina.

Namun hati-hati, para ahli mengatakan bahwa kemungkinan akan ada tempat-tempat tertentu yang berisiko menjadi penyebaran virus corona.

Jadi, tempat mana yang bisa kita kunjungi dan mana yang sebaiknya kita hindari ketika masa karantina usai?

Tempat yang harus dihindari

Meskipun benar bahwa beberapa negara telah berhasil meratakan kurva pandemi virus corona dan hanya mengalami beberapa infeksi dan kasus yang dikonfirmasi, kenyataannya adalah bahwa kurva pandemi yang menurun tidak berarti itu berakhir.

Apalagi, tanpa vaksin yang belum bisa diproduksi dalam waktu dekat, maka kecil kemungkinannya pandemi virus corona akan segera berakhir.

Baca juga: Cara Mengatasi Kelelahan Selama Masa Karantina Saat Pandemi Covid-19

Sayangnya, hal itu tidak menghentikan berbagai Negara untuk melakukan pelonggaran. Menurut Dr. Erin Bromage, pakar imunologi evolusi, ini justru bisa meningkatkan risiko menggandakan jumlah kematian Covid-19 selama enam minggu ke depan, yang sekarang telah mencapai lebih dari 78.000.

"Sepertinya banyak orang yang bernapas lega, dan aku tidak yakin mengapa. Saat negara dibuka kembali, kita seakan memberi virus lebih banyak bahan bakar,” kata Bromage.

“Saya mengerti alasan untuk membuka kembali ekonomi, tetapi saya sudah katakan sebelumnya, jika tidak menyelesaikan masalah biologi, maka ekonomi tidak akan pulih,” lanjutnya.

Karena itu, penting untuk menyiapkan dan menjaga diri. Berikut adalah beberapa tempat yang sangat rentan menjadi penyebaran virus corona yang harus dihindari:

1. Restoran dan bar

Banyaknya jumlah orang, ditambah ventilasi aliran udara di ruang tertutup yang tak begitu baik, serta peralatan dan perabotan yang digunakan bergantian, membuat restoran dan bar memiliki kemungkinan tinggi untuk menjadi pusat penyebaran virus corona.

Baca juga: Jalan Kaki, Olahraga Terbaik Selama Masa Karantina di Tengah Pandemi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X