WHO Sebut Covid-19 Masih Sulit Dikendalikan hingga 5 Tahun Mendatang

Kompas.com - 19/05/2020, 07:05 WIB
Ilustrasi karantina virus corona, Covid-19 ShutterstockIlustrasi karantina virus corona, Covid-19

KOMPAS.com - Saat ini, jumlah kasus Covid-19 telah mencapai 4,8 juta kasus di seluruh dunia.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1,8 juta orang dinyatakan sembuh. Hal ini membuat kita berharap pandemi Covid-19 akan segera berakhir.

Namun, kepala ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dr. Soumya Swaminathan, telah mengingatkan tidak ada akhir yang cepat untuk pandemi Covid-19, meskipun jika akhirnya vaksin tersedia dalam waktu 12 bulan.

Baca juga: Banyak Orang Lupa Hari di Tengah Pandemi Covid-19, Kamu Juga?

Seperti dilaporkan CNBC, di webinar The Financial Times Global Boardroom pada hari Rabu, Swaminathan menyebut, "saya katakan dalam jangka waktu empat hingga lima tahun, kita baru bisa mengendalikan virus ini."

Komentar Swaminathan menyurutkan mereka yang berharap virus bisa segera hilang di tahun depan.

Swaminathan mengatakan, sejumlah faktor memengaruhi bagaimana kita dapat mengendalikan virus, termasuk tindakan pengendalian, kemungkinan virus bermutasi, dan penemuan vaksin.

Dia mencatat, meski vaksin adalah jalan keluar terbaik, ada sejumlah besar ketidakpastian yang dapat memperpanjang waktu yang dibutuhkan untuk mengurangi angka penyebaran virus corona.

Menemukan vaksin baru adalah langkah pertama. Selain itu, logistik untuk membuat vaksin dan mendistribusikannya kepada lebih dari 7 miliar orang di seluruh dunia adalah tugas yang sangat besar.

Baca juga: 3 Tempat yang Harus Dihindari Saat Masa Karantina Usai

Swaminathan bukan satu-satunya pejabat WHO yang mengingatkan tentang pandemi ini.

Pada acara terpisah, direktur eksekutif program kedaruratan WHO, Dr. Mike Ryan, menyebut Covid-19 kemungkinan tidak akan hilang.

"Virus ini mungkin hanya menjadi virus endemik lain di komunitas kita, dan virus ini mungkin tidak akan pernah hilang," kata Ryan di kantor pusat WHO di Jenewa, Swiss.

"Saya pikir penting bagi kita untuk realistis dan saya tidak berpikir siapa pun dapat memprediksi kapan virus ini akan hilang."

Ryan mencatat, "jumlah orang dalam populasi yang telah terinfeksi saat ini sebenarnya relatif rendah."

Dengan kata lain, virus ini dapat menginfeksi miliaran orang, dan memerlukan banyak waktu untuk penularan tersebut.

Baca juga: Bagaimana Jika Harus Lakukan CPR di Tengah Pandemi Covid-19?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X