Mengenal Fenomena Mukbang, Makan Banyak Demi Popularitas dan Uang

Kompas.com - 19/05/2020, 09:56 WIB
Ilustrasi makan berlebihan shutterstockIlustrasi makan berlebihan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Arti mukbang mungkin bukan hal yang sulit dicari tahu mengingat popularitasnya yang begitu melejit.

Mudahnya, mukbang adalah tontonan seseorang mengonsumsi makanan dalam jumlah luar biasa besar dan ditayangkan secara online.

Memang tayangan mukbang di YouTube bisa mendulang jumlah tayangan luar biasa, tapi tetap saja ada konsekuensinya pada tubuh.

Kata “mukbang” berasal dari dua kata bahasa Korea, “mukja” yang berarti “mari makan” dan “bang song” yang berarti “broadcast”.

Popularitasnya berasal dari Korea Selatan, namun kini sudah tak lagi mengenal batas dan jarak, sudah dilakukan begitu banyak orang di penjuru dunia.

Mukbang: popularitas vs konsekuensi

Jangan dikira mukbang sama seperti video orang makan biasa. Mukbang melibatkan jumlah makanan yang luar biasa banyaknya, baik dari kuantitas maupun jenisnya.

Orang yang membuat video mukbang bisa mengonsumsi 4.000 kalori dalam satu tayangan mereka, bahkan lebih banyak lagi.

Begitu fantastisnya jumlah makanan yang dikonsumsi dalam tayangan YouTube mukbang, ini pula yang membuat popularitasnya meroket.

Fans tayangan mukbang sepertinya juga sangat menikmati setiap bagian saat idolanya mengonsumsi makanan yang sangat banyak

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X