Kompas.com - 19/05/2020, 17:41 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Tak dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 membuat orang di dunia menjalani kehidupan yang tidak normal. Banyak orang kehilangan pekerjaan, bahkan meninggal dunia karena virus ini.

Walau demikian, selalu ada hal yang bisa kita syukuri dari setiap keadaan, tak terkecuali pada masa karantina ini.

“Situasi ini memang overwhelming untuk semua orang. Tetapi, kita bisa melihat banyak hal positif juga. Misalnya saja orang jadi lebih bersih, menjaga kesehatan, atau kesempatan untuk belajar banyak hal baru,” kata psikolog Rosdiana Setyaningrum MPsi.

Untuk bisa menerima keadaan dan bersyukur, menurut Diana, kita harus mengubah persepsi bahwa apa yang terjadi bukan sebuah nasib sial dan bukan kesalahan kita juga.

“Ini saatnya belajar menjdi lebih kompak, lebih kuat. Jadi manusia lebih baik, banyak melihat masalah yang ada di rumah dan lebih menghargai setiap orang karena tiap orang punya peran dalam hidup kita,” ujarnya.

Baca juga: Main Video Game Tingkatkan Rasa Bahagia Selama Karantina

Berikut adalah beberapa hal positif yang kita alami selama karantina:

1. Pengeluaran berkurang. Meski ada banyak orang yang kehilangan pekerjaan atau pendapatannya berkurang, tetapi karantina di rumah berarti pengeluaran untuk biaya transport, makan di luar, atau pun biaya pembelian tiket mudik.

2. Makan lebih sehat. Ya, di masa pandemi ini makan di luar atau pun memesan makanan menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan. Sebagai gantinya, banyak orang yang berusaha belajar memasak dan mengolah bahan makanan segar di rumah.

3. Waktu berkualitas dengan keluarga. Bersama-sama dengan keluarga selama 24 jam di satu tempat terkadang bisa memicu stres dan konflik.

Tetapi, kesempatan ini juga bisa membuat orangtua lebih mengenali karakter anak-anak dan pasangan, serta membangun kekompakan melalui pembagian tugas rumahtangga atau berbagi hiburan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X