Cut Memey Bakar Kalori Lewat Olahraga Zumba di Kelas Virtual

Kompas.com - 19/05/2020, 21:43 WIB
Cut Memey diabadikan usai mengamen di kawasan Bulungan, Blok M, Jakarta Selatan, Senin (7/12/2015). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGCut Memey diabadikan usai mengamen di kawasan Bulungan, Blok M, Jakarta Selatan, Senin (7/12/2015).

KOMPAS.com — Saat masa karantina, kamu mungkin tak bisa mengunjungi gym atau studio olahraga favoritmu. Namun bukan berarti kamu harus berhenti berolahraga bukan?

Olahraga sebaiknya tetap dilakukan agar tubuh tetap sehat dan mampu melawan virus dan penyakit.

Nah, salah satu cara agar tubuh tetap bergerak adalah melakukannya dari rumah. Ada beberapa latihan virtual yang bisa diikuti, salah satunya adalah olahraga zumba dengan sesi latihan yang diadakan secara virtual.

Artis peran Cut Memey yang kini menjadi salah seorang instruktur zumba di Strong Nation memaparkan bahwa olahraga ini bisa dilakukan dengan bermodalkan internet.

Sebagai salah satu orang yang telah menekuni zumba, Cut Memey mengatakan bahwa ia telah mendapatkan banyak manfaat dari olahraga ini.

“Manfaatnya bagus banget, aku merasa lebih sehat dan bisa olahraga dimana saja, termasuk di rumah," ujarnya dalam wawancara virtual bersama Strong Nation, Senin (8/5/2020). 

Latihan zumba bersama Strong Nation sendiri menggabungkan berat badan, pengondisian otot, kardio, dan gerakan latihan plyometrik yang disinkronkan dengan musik yang dirancang agar sesuai dengan setiap gerakan tunggal.

Setiap sesi, tubuh akan diajak untuk melakukan squat, lunge, burpee, diiringi musik yang tentu saja akan membangunkan semangat untuk berolahraga.

Di setiap kelas, kamu akan membakar kalori sambil mengencangkan otot lengan, kaki, perut dan glutes.

Yang menarik, dalam latihan, setiap plyometrik atau gerakan dahsyat seperti mengangkat lutut, burpee, dan jumping jack, digantikan dengan gerakan isometrik seperti lunges, squat, dan kickboxing.

Mantan atlet karate Indonesia, Umar Syarief, menambahkan bahwa latihan HIIT (High Intensity Interval Training) atau latihan interval intensitas tinggi ini akan membawa manfaat besar bagi tubuh yakni pembakaran kalori yang tentu akan membakar lemak dalam tubuh.

Baca juga: Mana yang Paling Efektif, Sprint, HIIT atau Lari Intensitas Moderat?

Untuk kamu yang baru akan memulai latihan zumba, Umar menyarankan untuk berlatih secara rutin namun tak terlalu keras. Di Strong Nation sendiri ada tingkatan mulai kelas untuk pemula, hingga yang advance.

Namun kamu harus pastikan bahwa tubuh dan ototmu bebas dari cidera. Bila memiliki cidera khusus, kamu bisa bertanya pada dokter sebelum menjalani latihan ini.

“Sebelum training, kita akan tanyakan kondisi itu, kalau memang ada cidera, ada rekomendasi enggak dari dokter. Dia harus ada surat yang menyatakan kalau dia tidak dalam kondisi khusus. Makanya saya wanti-wanti pada seluruh instruktur,” katanya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X