Mengenal Apotek Hidup dan Berbagai Jenis Tanaman Obatnya

Kompas.com - 20/05/2020, 17:04 WIB
Ilustrasi teh jahe kunyit. SHUTTERSTOCK/COZINEIlustrasi teh jahe kunyit.
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pernahkah kamu mendengar istilah apotek hidup? Meski tidak jelas asal-usulnya, istilah ini lekat kaitannya dengan taman atau kebun yang berisikan tanaman-tanaman berkhasiat yang dapat digunakan sebagai obat.

Tanaman-tanaman tersebut nantinya bisa dimanfaatkan pemiliknya sebagai pengobatan alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Meski demikian, tidak semua tanaman dapat masuk dalam kategori apotek hidup ini.

Oleh karena itu, mari kenali lebih lanjut seputar tanaman-tanaman yang tergolong sebagai apotek hidup beserta cara menanamnya.

Berikut adalah beberapa jenis tanaman yang masuk dalam golongan apotek hidup.

1. Jahe

Ilustrasi tanaman jaheshutterstock Ilustrasi tanaman jahe
Salah satu tanaman apotek hidup yang paling populer adalah jahe. Jahe kaya akan kandungan gingerol yang merupakan zat dengan antiradang dan antioksidan yang tinggi.

Jahe juga dipercaya dapat meredakan mual, membantu mengurangi nyeri otot, meredakan gejala osteoarthritis, menurunkan kadar gula dalam darah, dan menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes tipe 2.

Cara untuk menanam jahe tidak sulit, pertama potong bagian jahe yang memiliki ujung berwarna hijau (disarankan menggunakan jahe organik), kemudian tanam jahe di tanah dengan ujung hijau menghadap atas.

Jangan lupa untuk selalu menyiramnya setiap hari, terutama pada pagi hari. Hasilnya bisa Anda panen sekitar 4 bulan setelah ditanam.

Baca juga: 10 Manfaat Jahe yang Menghangatkan untuk Kesehatan

2. Kunyit

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X