Apakah Makanan Beku Tidak Menyehatkan?

Kompas.com - 20/05/2020, 19:16 WIB
ilustrasi makanan beku shutterstockilustrasi makanan beku
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Makanan beku bukan hal baru. Inovasi yang satu ini membuat orang bisa lebih leluasa menyimpan makanan dan mengolahnya ketika diperlukan.

Walau makanan bisa lebih tahan lama, namun di sisi lain kandungan nutrisinya juga rentan berkurang. Waspadai juga pengawet atau perasa tambahan yang membuat kalori makanan jadi lebih besar.

Bukan berarti makanan beku sama sekali tidak boleh dikonsumsi. Makanan rumahan yang disimpan dalam kondisi beku agar bisa diolah sewaktu-waktu tidak ada salahnya.

Namun, sebaiknya menghindari makanan yang melalui proses panjang pengolahan hingga nutrisi aslinya tak lagi ada.

Makanan beku buah dan sayur, sehatkah?

Buah dan sayur yang diolah dalam bentuk beku biasanya dipetik saat sudah benar-benar matang. Artinya, kandungan nutrisinya sangat tinggi. Setelah dipanen, dilakukan proses mulai dari mencuci, memotong, hingga mengemasnya menjadi makanan beku.

Biasanya, juga diberikan asam ascorbic yang merupakan salah satu bentuk vitamin C untuk mencegahnya membusuk.

Saat buah dan sayur dibekukan, tentu ada nutrisi yang berkurang. Seberapa banyak nutrisi yang hilang bergantung pada jenis sayurnya. Buah biasanya tidak melewati proses ini.

Sementara pada buah dan sayur segar yang biasanya dijual di pasar atau supermarket, umumnya dipetik sebelum benar-benar matang. Artinya, kandungan antioksidan, vitamin, dan mineralnya belum benar-benar matang.

Selama proses pengolahan buah dan sayur segar hingga siap dibeli, penyimpanannya dilakukan secara khusus. Bila perlu, diberi tambahan zat kimia untuk mencegahnya menjadi rusak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X