Kalistenik, Olahraga Praktis Pembentuk Otot Menggunakan Berat Tubuh

Kompas.com - 22/05/2020, 12:39 WIB
Ilustrasi push up DragonImagesIlustrasi push up
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Nama olahraga kalistenik mulai terdengar populer saat ini. Padahal, olahraga ini sudah dilakukan sejak lama dan bahkan kamu mungkin sebenarnya pernah mencobanya! 

Kalistenik adalah olahraga yang menggunakan berat tubuh untuk melatih otot-otot dan membantu membakar kalori. Penasaran soal kalistenik? Simak informasinya dari artikel ini.

Jenis olahraga kalistenik:

  • ­Trunk twists
  • Push-ups
  • Pull-ups
  • Jumping jacks
  • Lunges
  • Chin-ups
  • Sit-ups
  • Plank

Seperti yang telah diberitahukan sebelumnya, kalistenik adalah olahraga yang hanya memakai berat badan saja tanpa memerlukan alat atau perlengkapan khusus. Sebenarnya, kita sudah sering melakukan kalistenik tanpa disadari.

Push-up dan pull-up hanyalah beberapa gerakan sederhana dari olahraga kalistenik yang dapat dilakukan di mana saja dan kapanpun.

Sekilas kalistenik terlihat sepele dan tidak seintensif olahraga lain yang memerlukan peralatan khusus. Padahal olahraga ini sangat cocok untuk membentuk otot pada tubuh.

Baca juga: Selain Tubuh Sehat, Ini 7 Manfaat Pull-up untuk Tubuh

Manfaat olahraga kalistenik pun tidak kalah dari olahraga lainnya. Beberapa manfaat olahraga kalistenik adalah:

Membantu menurunkan berat badan

Tidak perlu mengeluarkan uang berlebih untuk menyewa personal trainer di gym ataupun membeli berbagai peralatan olahraga yang mahal, karena kita dapat menurunkan berat badan dengan olahraga kalistenik.

Kalistenik adalah salah satu olahraga praktis yang dapat membakar kalori dan meningkatkan detak jantung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X