Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/05/2020, 13:48 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Air lemon untuk diet sering disebut dapat membantu penurunan berat badan. Bagaimana air lemon membantu kita untuk menurunkan berat badan? Cek faktanya di sini.

Ada beberapa klaim manfaat air lemon untuk diet berserta kajian ilmiah di baliknya, misalnya:

1. Membantu tubuh senantiasa terhidrasi

Mencukupkan kebutuhan cairan amat penting untuk kondisi hidrasi, mulai dari mengendalikan temperatur tubuh hingga meningkatkan performa fisik.

Bahkan, ada penelitian yang menemukan bahwa senantiasa terhidrasi berkorelasi terhadap penurunan berat badan.

Misalnya, dalam sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Frontiers in Nutrition, meningkatkan hidrasi tubuh berpotensi untuk meningkatkan pemecahan lemak dan mempercepat tubuh untuk ‘menyingkirkan’ lemak.

Karena sebagian besar air lemon pada dasarnya adalah air putih, minuman ini berpotensi membantu kita senantiasa terhidrasi. Namun, manfaat tersebut tentu ada pada air putihnya.

Baca juga: Manfaat Air Lemon yang Jarang Diketahui

2. Rendah kalori

Tanpa dicampurkan bahan lain, campuran air dengan perasan buah lemon menghasilkan minuman yang rendah kalori. Misalnya saja, jika kita memeras setengah buah lemon, energi yang didapatkan hanya enam kalori saja.

Jumlah ini tentu jauh lebih rendah dibandingkan minuman berasa lain, termasuk jus jeruk. Menggantikan minuman ‘rasa-rasa’ dengan jus lemon dapat mengurangi asupan kalori, sehingga diyakini dapat menurunkan berat badan jika dilakukan dengan konsisten.

Walau air lemon tidak nol kalori, energi yang diberikan cukup rendah sehingga menjadi pilihan banyak orang untuk melakukan diet penurunan berat badan.

3. Berpotensi untuk meningkatkan metabolisme

Berbagai penelitian menemukan bahwa mengonsumsi air dengan cukup dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Salah satu studi menyebutkan, senantiasa terhidrasi meningkatkan fungsi mitokondria, organ sel yang berperan dalam produksi energi di tubuh. Kondisi ini dapat meningkatkan metabolisme, yang juga berpotensi untuk menguruskan badan.

Studi terkait air lemon masih terbatas. Namun, karena air lemon utamanya merupakan air, minuman ini berpotensi untuk memiliki efek yang sama dalam meningkatkan metabolisme.

Baca juga: Seberapa Efektif Air Lemon Bakar Lemak Tubuh?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com