Ibu Cemas ASI Tidak Cukup? Ketahui Jumlah Kebutuhan Bayi Baru Lahir

Kompas.com - 22/05/2020, 17:44 WIB
Ilustrasi seorang ibu sedang menyusui bayinya. Summer PhotographerIlustrasi seorang ibu sedang menyusui bayinya.
Penulis Farhanah
|

KOMPAS.com – Setiap ibu yang baru melahirkan biasanya punya kecemasan tersendiri, salah satunya tentang ketercukupan ASI untuk buah hatinya.

Bagi Genbest (Generasi Bersih dan Sehat) yang baru melahirkan mungkin ada pertanyaan dalam hati, cukup enggak ya ASI saya? Jangan khawatir, banyak ibu yang mengalami hal sama seperti kamu.

American Pregnancy Association menegaskan, hampir semua ibu akan punya tantangan menyusui pada awalnya. Kemudian, mereka justru berhasil menyusui secara eksklusif atau akhirnya produksi ASI mereka bertambah banyak.

Genbest mungkin penasaran kan berapa kebutuhan ASI bayi yang baru lahir?

Baca juga: “Berbagai Manfaat ASI Ini Bisa Dinikmati oleh Bayi”

Sebagai informasi, setiap bayi memiliki kebutuhan ASI yang berbeda satu sama lain. Namun yang pasti, kapasitas lambung bayi masih kecil pada hari-hari awal kelahirannya. Jadi, dia akan menyusu sedikit demi sedikit, tapi sering.

Supaya Genbest enggak bingung, berikut sedikit gambaran ukuran lambung bayi yang baru lahir dari laman Better Doctor.

Bayi umur 1 hari

Lambungnya seukuran buah ceri, sehingga hanya dapat menampung satu sendok teh kolostrum. Kolostrum adalah ASI pertama yang diproduksi oleh kelenjar susu yang sangat baik untuk bayi.

Bayi umur 3 hari

Ukuran lambungnya sudah empat kali lebih besar seperti kacang kenari. Pada saat yang sama, produksi ASI ibu juga mulai bertambah.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber GenBest.id
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X