Pahami Tahapan Perkembangan Kemampuan Motorik Anak di Usia 1-9 Bulan

Kompas.com - 23/05/2020, 10:15 WIB
Ilustrasi tumbuh kembang anak Standard store88Ilustrasi tumbuh kembang anak

KOMPAS.com – Periode emas atau pada usia 0 hingga lima tahun merupakan masa terpenting dalam pertumbuhan anak.

Pasalnya, selama periode itu Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) bisa melihat perkembangan si kecil yang menakjubkan dari hari ke hari. Mulai dari mengangkat kepala, tengkurap, merangkak, hingga berjalan. Semua perkembangan motorik ini akan dikuasai seiring dengan bertambahnya usia bayi.

Untuk itu, orangtua harus mengetahui tahapan perkembangan kemampuan motorik bayi di setiap jenjang usianya. Hal ini dapat menjadi salah satu cara mendeteksi apabila terdapat keterlambatan pertumbuhan pada anak.

Nah, berikut tahapan perkembangan motorik anak sejak usia 1-9 bulan yang harus Genbest ketahui.

Baca juga: Jangan Lewatkan Pemeriksaan Pertama untuk Bayi

Usia 1 bulan

Pada usia 1 bulan, otot leher bayi belum cukup berkembang untuk menopang kepala dalam waktu lama. Bayi hanya bisa mengangkat kepala hanya sebentar ketika berbaring tengkurap.

Usia 2 bulan

Memasuki usia 2 bulan, si kecil memiliki perkembangan motorik cukup pesat. Pada usia ini, bayi biasanya sudah mampu mengangkat kepalanya dalam posisi tengkurap. Bayi juga sudah bisa menoleh ke kanan dan ke kiri.

Usia 3 bulan

Di usia 3 bulan, kita masih dapat memantau pertumbuhan anak dari kepalanya. Si kecil pun sudah kuat untuk menjaga kepalanya tegak dalam posisi duduk, meskipun belum mampu duduk sendiri.

Usia 4 bulan

Kemampuan bayi tengkurap dan kembali telentang sudah mulai terlihat pada usia 4 bulan. Selain itu, bayi pun sudah mulai bisa memegang benda-benda.

Oleh karena itu, Genbest bisa mengajak si kecil bermain dengan benda-benda berwarna mencolok untuk menstimulasi kemampuan motorik dasar bayi.

Baca juga: Ini Permainan Mencerdaskan untuk Bayi 6-12 Bulan

Usia 5 bulan

Kemampuan motorik yang dapat dikuasai bayi pada usia 5 bulan adalah meraih dan memegang benda. Jika sebelumnya hanya mampu memegang benda yang diletakkan di tangannya, di usia ini bayi lebih terampil meraih benda-benda yang tidak diletakkan di tangan secara langsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber GenBest.id
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X