Kompas.com - 25/05/2020, 12:08 WIB
Ilustrasi menabung, mengelola keuangan ShutterstockIlustrasi menabung, mengelola keuangan

KOMPAS.com - Membesarkan anak bukanlah perkara mudah. Salah satunya -tentu saja, menyangkut kebutuhan dana yang mengikuti kehadiran si buah hati di tengah keluarga.

Nah, berikut adalah tips dari ahli tentang bagaimana orangtua muda dapat menghemat lebih banyak uang, dan membelanjakan dana dengan bijak.

1. Membuat penilaian

“Saya mendapati bahwa banyak orangtua menghabiskan banyak uang untuk kegiatan luar dan kelas pengayaan untuk anak-anak mereka.”

Baca juga: Benarkah Uang Kertas Bisa Sebarkan Virus Corona?

Demikian dikatakan Andrea Kennedy, seorang perencana keuangan bersertifikat dan penulis Own Your Financial Freedom.

“Tidak ada yang salah dengan menginginkan anak-anak menjadi orang yang berpengetahuan luas."

"Tetapi tanyakan pada diri kita apakah si anak memang benar-benar perlu bermain lima olahraga berbeda ditambah kelas seni, musik, dan tari setiap minggu?"

“Saran saya adalah untuk lebih fokus. Sisihkan sejumlah uang tertentu setiap bulan untuk kegiatan dan kelas tertentu, dan putuskan bagaimana tepatnya membelanjakannya."

"Lihatlah di mana anak-anak membutuhkan bantuan dan bagaimana kita manfaatkan uang dengan bijak."

"Percayalah, pada akhir tahun, kita bakal mengumpulkan uang cukup banyak," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X