Kompas.com - 26/05/2020, 09:10 WIB
Sejumlah pedagang dan pengunjung mencuci tangan di wastafel di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS), Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (28/3/2020). Manajemen Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) selain memasang 20 unit tempat cuci tangan (wastafel) dan 50 botol besar hand sanitizer di sejumlah titik di lokasi PIOS juga membagikan sekitar 400 botol kecil hand sanitizer kepada para pengunjung pasar tersebut sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19). ANTARA FOTO/DIDIK SUHARTONOSejumlah pedagang dan pengunjung mencuci tangan di wastafel di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS), Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (28/3/2020). Manajemen Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) selain memasang 20 unit tempat cuci tangan (wastafel) dan 50 botol besar hand sanitizer di sejumlah titik di lokasi PIOS juga membagikan sekitar 400 botol kecil hand sanitizer kepada para pengunjung pasar tersebut sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

KOMPAS.com - Mencuci tangan dengan sabun memang efektif mencegah penularan virus corona, tapi setidaknya kita perlu melakukannya 6-10 kali dalam sehari. Demikian menurut sebuah penelitian yang dilakukan tim di Inggris.

Penelitian itu dilakukan dengan mengamati data dari tahun 2006-2009 mengenai struktur virus yang sangat mirip dengan jenis virus yang sekarang ini menyebabkan pandemic.

Virus corona merupakan famili dari virus yang sebagian besar menyebabkan penyakit ringan seperti salesma atau batuk pilek. Dari semua jenis itu, termasuk Covid-19, akan mati dengan air dan sabun.

Tim peneliti di Medical Research Council Inggris, setiap musim dingin bertanya pada responden apakah mereka mengalami gejala mirip flu dan menguji siapa yang terinfeki virus corona penyebab salesma.

Dalam penelitian terhadap 1.663 partisipan diketahui mereka jarang terinfeksi jika mencuci tangan sedikitnya enam kali dalam sehari. Walau begitu, cuci tangan lebih dari 10 kali ternyata tidak banyak mengurangi risiko infeksi.

Baca juga: Cegah Virus Tak Cukup Cuci Tangan, Perhatikan Cara Mengeringkannya

“Kebersihan tangan harus tetap dijaga setiap waktu, apakah kita mengalami gejala atau tidak. Ini akan membantu melindungi diri sendiri dan penyebaran virus ke orang lain,” kata peneliti Dr.Sarah Beale.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik adalah cara terbaik untuk menghentikan penularan virus corona. Cuci tangan wajib dilakukan setelah kita membersihkan hidung, bersin atau batuk, serta sebelum masak dan makan.

Di saat pandemi, mencuci tangan juga wajib dilakukan setelah kita berada di tempat public atau transportasi umum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.