Kompas.com - 27/05/2020, 10:18 WIB
Ilustrasi belanja kosmetik online. ShutterstockIlustrasi belanja kosmetik online.

KOMPAS.com— Selain ponsel, sepatu, dan kacamata, virus corona diketahui juga bisa hidup di produk riasan wajah yang dipakai sehari-hari.

Karena produk kosmetik yang sering digunakan seperti, eyeliner, maskara, dan lipstik berinteraksi langsung dengan mata, hidung, dan area mulut, tempat virus dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

Sebagaimana dijelaskan oleh dokter kulit bersertifikat Dr. Adam Mamelak bahwa saat ini belum ada penelitian yang meneliti berapa lama virus dapat hidup atau dalam produk kosmetik.

Agar kita tetap aman menggunakan riasan, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan menurut pakar kesehatan.

1. Buang produk riasan jika kamu terjangkit virus

Dokter Aragona Giuseppe, penasihat medis di Prescription Doctor, mengatakan banyak kosmetik memiliki senyawa pengawet antimikroba yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya.

Namun pengawet yang sama ini tidak cukup sering untuk menangkal virus seperti covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Alat Make Up Bisa Jadi Sarana Penularan Virus Corona

Karenanya ia menyarankan untuk membuang produk apa pun yang berpotensi terpapar covid-19 adalah tindakan terbaik, karena sangat berisiko untuk terus menggunakannya.

"Jika kamu sakit atau menderita gejala covid-19, maka kamu harus membuang semua kosmetik yang telah digunakan," katanya mengingatkan.

"Ini karena droplet pernapasan mungkin telah berpindah dari tangan atau wajah dan sekarang menempel di atas produk kosmetik, yang berarti beresiko menyebarkan virus jika kamu menggunakannya lagi,” ujarnya.

Halaman:


Sumber Huffpost
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.