Kompas.com - 27/05/2020, 18:32 WIB
Ilustrasi gerah shutterstockIlustrasi gerah

KOMPAS.com - Cuaca panas yang kini mulai melanda sebagian besar daerah di Indonesia, membuat kita mandambakan ruangan dingin untuk berkegiatan dan bersantai.

Sayangnya, dalam upaya memutus rantai penularan virus corona, kamu yang diminta di rumah saja tentu tak ingin seharian menggunakan pendingin ruangan.

Pasalnya, Air Conditioner (AC) atau pendingin ruangan menyedot banyak daya listrik yang kemudian akan membuatmu harus membayar tagihan lebih banyak.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa bersantai di ruangan rumah yang tetap sejuk di musim panas, walau tanpa AC?

The Art of Maneness memberi inspirasi dengan beberapa tips di bawah ini tentang cara menjaga rumah agar tetap dingin tanpa AC.

1. Tutup tirai dan gunakan tirai gelap di siang hari

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini dilakukan untuk menghalau sinar matahari yang masuk melalui jendela dan membawa hawa panas.

2. Biarkan jendela terbuka

Bukalah jendela yang tidak mengarah langsung ke sinar matahari, meski di malam hari agar rumah menjadi dingin selama waktu tidur, sehingga saat terbangun rumah akan tetap memiliki suhu yang dingin.

3. Jangan biarkan jendela terbuka bila menyalakan AC

Halaman:


Sumber fustany
Rekomendasi untuk anda
FEEL GOOD
Menjaga Mental
Menjaga Mental
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X