Atasi Kebotakan dengan Menggunakan Bahan Alami

Kompas.com - 27/05/2020, 21:18 WIB
Ilustrasi rambut rontok zneb076Ilustrasi rambut rontok

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, kerontokan rambut yang berakibat pada kebotakan akan  menurunkan rasa percaya diri ketika berpenampilan.

Tak heran banyak yang melakukan berbagai cara untuk mengatasi kebotakan. Salah satunya menggunakan produk penumbuh rambut berbahan kimia, yang tanpa disadari efeknya justru bisa membuat rambut semakin rusak.

Dilansir dari Healthline, ada beberapa cara yang lebih aman untuk membantu mengatasi rambut rontok dan kebotakan menggunakan cara dan bahan alami. Berikut lima langkah mengatasi kebotakan:

1. Minyak ikan

Mengonsumsi asam lemak omega 3 yang terdapat dalam minyak ikan dapat membantu memperbaiki rambut dari dalam, karena dipenuhi dengan nutrisi dan protein.

Suplemen omega, bersama dengan antioksidan membantu meningkatkan kepadatan dan diameter rambut. Ini juga mengurangi kerontokan rambut sehingga kebotakan bisa diatasi.

Baca juga: Mari, Kenali Banyaknya Manfaat Minyak Ikan bagi Tubuh

2. Jus bawang

Jus bawang terbukti sebagai sumber terpercaya untuk mengobati alopecia areata yang tidak merata dengan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Jus bawang juga dianggap meningkatkan sirkulasi darah ke akar rambut. Penelitian pada hewan menunjukkan peningkatan faktor pertumbuhan keratin dan aliran darah ke kutikula.

Caranya, campurkan beberapa bawang untuk diperas menjadi jus. Oleskan jus ke kulit kepala dan rambut, lalu biarkan selama 15-30 menit. Kemudian keramas secara normal.

Baca juga: Perhatikan, 12 Manfaat Hebat Bawang Putih

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Healthline
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X