7 Makanan Sehat Agar Kulit Selalu Bersinar

Kompas.com - 28/05/2020, 13:36 WIB
Ilustrasi kulit cerah shutterstockIlustrasi kulit cerah
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Merawat kulit tak hanya dengan mengoleskan produk dari luar saja. Kulit juga perlu dijaga kesehatannya dengan mengonsumsi makanan sehat, agar nutrisi yang dibutuhkan dapat bekerja dari dalam.

Ada beragam makanan yang sehat untuk kulit dan perlu kita variasikan di meja makan - agar penampilan tetap bersinar dan sehat.

Mudah dicari dan murah harganya, berikut ini 7 makanan yang sehat untuk kulit agar kenyal, bersinar, dan bercahaya:

1. Alpukat

Ilustrasi alpukatbarmalini Ilustrasi alpukat
Buah alpukat merupakan sumber lemak sehat. Lemak sehat memberikan banyak manfaat untuk tubuh, termasuk untuk menjaga kesehatan kulit.

Dalam sebuah riset yang dimuat dalam The British Journal of Nutrition, konsumsi lemak sehat, termasuk dari buah alpukat, dikaitkan dengan kulit yang kenyal dan elastis.

Buah alpukat pun mengantongi vitamin E dan vitamin C. Vitamin C diperlukan tubuh dalam memproduksi kolagen, jenis protein utama yang membantu kulit tetap kuat dan sehat. Kekurangan vitamin C juga dikaitkan dengan kulit kering dan kasar.

Sementara itu, vitamin E dapat bertindak sebagai molekul antioksidan. Mencukupkan kebutuhan vitamin E amat esensial untuk melindungi kulit dari dari radikal bebas dan peradangan.

Baca juga: Makan 4 Alpukat Tiap Hari, Kunci Kulit Glowing Victoria Beckham

2. Ikan berlemak

Daging ikan salmonTHINKSTOCK Daging ikan salmon
Ikan salmon dan ikan makarel merupakan contoh ikan berlemak yang menyehatkan untuk kulit. Seperti alpukat, ikan berlemak juga mengandung lemak sehat, seperti asam lemak omega-3. Omega-3 juga menjadi jenis nutrisi yang dapat memelihara kesehatan kulit.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X