Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Sepatu Anak Agar Mendukung Pertumbuhan Kakinya

Kompas.com - 28/05/2020, 13:47 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Melihat kaki-kaki mungil mulai tumbuh, Anda pasti tak sabar ingin membelikan sepatu anak dengan model yang lucu.

Beberapa orangtua bahkan terlalu bersemangat untuk memberikan sang anak sepatu pertamanya, yang kadang-kadang lebih cepat dari yang dibutuhkan anak.

Ada yang mulai membelikan alas kaki sejak Si Kecil masih bayi, ada juga yang baru membelikan ketika anak mulai belajar jalan.

Memilih sepatu anak tidak bisa dilakukan sembarangan. Bisa saja sepatu pertama Si Kecil justru menghambat pertumbuhan kakinya.

Kapan waktu yang tepat untuk memberikan anak sepatu pertamanya?

Kaki manusia terdiri atas 26 tulang dan 35 sendi yang disokong oleh ligamen otot. Pada bayi, kakinya juga dipenuhi dengan lemak dan sangat fleksibel.

Bayi belum membutuhkan sepatu. Cukup berikan kaos kaki agar ia tetap merasa hangat saat udara dingin.

Kebanyakan anak mulai berjalan pada usia 8-18 bulan. Saat pertama kali melangkah, telapak kaki balita cenderung datar dan ujung kakinya mengarah ke dalam.

Hal ini disebabkan karena kekuatan otot dan ligamen kaki masih berkembang. Telapak kaki datar akan membaik seiring dengan perkembangan tulang kaki anak.

Ketika anak belajar berjalan, ia akan mendapatkan stimulasi sensori pada telapak kakinya saat menyentuh lantai. Itulah mengapa sebaiknya balita yang sedang belajar jalan sebaiknya dibiarkan bertelanjang kaki.

Dengan bertelanjang kaki, jari-jari kaki mungil anak akan mencengkeram lantai dan membantu melatih kekuatan otot kakinya.

Setelah anak mulai terbiasa berjalan sendiri dengan kedua kakinya, Anda mulai dapat memberikannya alas kaki yang sesuai.

Sepatu anak dibutuhkan terutama untuk melindungi kakinya ketika berjalan di luar rumah. Berikan sepatu yang nyaman dan tidak membuatnya tergelincir karena anak masih butuh latihan untuk dapat berjalan dengan seimbang.

Tips memilih sepatu anak

.VIA youngparents.com.sg .
Memilih sepatu anak yang terbaik berkaitan dengan ukuran yang tepat, fungsi, serta bentuk yang memberikan kenyamanan.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com