Kompas.com - 28/05/2020, 14:53 WIB

KOMPAS.com— Panty liner alias pembalut harian yang tipis saat ini menjadi bagian dari rutinitas kebersihan pribadi wanita, khususnya setelah menstruasi berakhir, saat muncul vlek atau keputihan.

Pada dasarnya pemakaian panty liner tidak dianjurkan untuk pemakaian setiap hari karena dapat membuat area vagina makin lembab. Sebelum memutuskan memakai panty liner, bahkan untuk masa setelah haid berakhir, ketahui dulu enam hal berikut:

1. Sebelum mengenakan panty liner, pastikan tangan dalam kondisi bersih, lebih baik jika kita mencuci tangan dulu dengan sabun. Hal ini dilakukan untuk menghindari transfer bakteri. 

2. Lebih baik menggunakan panty liner tanpa pewangi untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya gatal atau peradangan pada vagina.

3. Pastikan untuk mengganti panty liner harian setidaknya setiap lima jam. Tapi, segera ganti jika sebelum itu vagina terasa lembab. 

Baca juga: Apakah Pembalut Berpewangi Sehat?

4. Jangan gunakan panty liner saat akan pergi tidur, karena kulit di bagian sensitif juga perlu bernafas selama kamu tidur di malam hari.

5. Panty liner dapat dikenakan sebelum atau setelah menstruasi, tetapi tidak saat kamu sedang menstruasi. Pembalut tipis ini tidak dimaksudkan untuk menampung keluarnya cairan yang banyak seperti darah menstruasi.

6. Jika kamu memiliki kulit sensitif, cobalah untuk memilih produk panty liner dengan ekstrak kapas. Beberapa merek cukup lembut untuk penggunaan sehari-hari dan tidak mengiritasi vagina.

Baca juga: Kebiasaan yang Membahayakan Organ Intim Wanita

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber fustany
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.