Jurus Antimager Selama Karantina di Rumah

Kompas.com - 28/05/2020, 15:14 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Banyak orang merasakan kesibukan yang makin bertambah selama karantina di rumah. Walau begitu, jangan abaikan kegiatan olahraga. Apalagi bergerak aktif terbukti dapat membuat tubuh bugar dan daya tahan tubuh meningkat.

Anjuran untuk beraktivitas di rumah memang bisa membuat kita jadi “mager” alias malas gerak. Terlebih jika tempat tinggal kita sempit.

Menurut Vice President, Worldwide Sport Performance and Fitness Herbalife Nutrition, Samantha Clayton, kita memang perlu menemukan cara-cara kreatif agar tetap dapat berolahraga di tengah kesibukan bekerja dari rumah.

“Kita perlu mempertahankan rutinitas, termasuk melakukan latihan yang konsisten guna mencapai tingkat kebugaran yang stabil,” kata Clayton yang juga merupakan atlet Olimpiade ini dalam siaran pers.

Ia memberikan beberapa tips untuk menjaga kebugaran selama masa karantina.

- Prioritaskan olahraga untuk menciptakan lingkungan kerja yang positif
Mungkin saat ini bagi kita lebih penting menyelesaikan tugas-tugas kantor dari pada melakukan olahraga. Tetapi, luangkan setidaknya 30 menit setiap hari untuk bergerak aktif.

“Jika kita menjadikan olahraga sebagai bagian dari jadwal harian, nantinya olahraga akan menjadi sesuatu yang dibutuhkan di tengah hari-hari kerja yang monoton,” katanya.

Bahkan jika “menjaga kebugaran dan kesehatan” bukan prioritas Anda, tetapi tubuh secara alami akan melepaskan edorfin selama berolahraga sehingga kita akan merasa lebih bahagia.

Baca juga: Tidur Nyenyak dan Rutin Olahraga Bisa Bantu Anak Tumbuh Lebih Tinggi

- Olahraga sambil bekerja
Berolahraga tidak harus berupa latihan aerobic yang menguras keringat. Ada banyak aktivitas fisik biasa yang bermanfaat bagi tubuh dan bisa dilakukan sambil melakukan kegiatan lain, termasuk sambil bekerja atau memasak.

Beberapa saran kegiatan misalnya melakukan peregangan tubuh bagian atas dengan mengangkat lengan ke atas kepala, lalu regangkan sampai kita merasakannya di dada dan bisep.

Ketimbang hanya duduk, mengapa kita tidak menerima telepon atau menonton serial favorit sambil berdiri, berjalan-jalan, atau bahkan melakukan squat. Menekuk lutut juga bisa melatih otot dan paha. Gerakkan ke depan dengan menjatuhkan pinggul Anda ke lantai, berganti-ganti kaki.

Baca juga: Kenali Gejala Stres Selama Masa Karantina di Rumah Saja

Alternatif lain adalah sit-up duduk. Caranya, gerakkan perut sambil duduk di kursi Anda. Jaga punggung tetap lurus dan tangan di belakang kepala, lalu angkat lutut ke siku, berganti-ganti kaki.

Selain aktivitas fisik, perhatikan juga apa yang kita asup. Konsumsi makanan yang sehat dan batasi makanan dan minuman yang tinggi kalori.

Selain itu, diet seimbang dengan banyak protein juga direkomendasikan karena akan membuat kita merasa kenyang sehingga kita tak terus menerus membuka kulkas.

Baca juga: WFH Bikin Tubuh Gampang Lelah, Apa Sebabnya?

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X