Ingin Liburan Aman di Tengah Pandemi, Cobalah Berkemah

Kompas.com - 28/05/2020, 16:59 WIB
Untuk masuk ke lokasi wisata ini, wisatawan cukup mengeluarkan uang Rp 5.000. Namun, bagi yang berniat berkemah dikenakan biaya Rp10.000. Dok Humas Pemkab PurwakartaUntuk masuk ke lokasi wisata ini, wisatawan cukup mengeluarkan uang Rp 5.000. Namun, bagi yang berniat berkemah dikenakan biaya Rp10.000.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Seiring penerapan new normal yang akan dilakukan sebagian besar negara di dunia, kita pun bertanya-tanya apakah kita dapat merencanakan liburan seaman mungkin.

Rupanya ada beberapa pilihan liburan yang membuat kita tidak bertemu banyak orang. Liburan itu antara lain berkemah atau pergi ke lokasi wisata alam yang tidak terlalu ramai.

Menurut Dr. Sandra Kesh, spesialis penyakit menular dan Deputy Medical Director di WestMed, berkemah adalah salah satu liburan lebih aman yang dapat kita lakukan selama pandemi.

Tetapi harus dicatat, mengunjungi tempat terbuka tidak membuat kita terbebas dari risiko.

"Daya tariknya adalah kita berada di luar ruangan dan tidak berkumpul dengan terlalu banyak orang di satu lokasi," kata Dr. Kesh kepada Insider.

Kegiatan di alam terbuka membuat kita lebih mudah mengambil jarak dari orang lain. Meski demikian, bila tempat wisata alam terbuka itu juga dikunjungi banyak orang, maka pilihan ini harus dipertimbangkan kembali.

"Bila penuh orang, risiko-risiko itu kemudian mulai menumpuk," kata Kesh.

Apa yang harus dilakukan?

Kesh mengatakan pentingnya menghubungi pihak pengelola perkemahan untuk memahami situasi selama pandemi sebelum merencanakan perjalanan.

"Tanyakan apa yang biasanya pihak perkemahan lakukan selama pandemi," kata Kesh.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X