Kesalahan Saat Keramas yang Merusak Rambut

Kompas.com - 29/05/2020, 07:44 WIB
Mandi. ThinkstockMandi.

KOMPAS.com— Mencuci rambut dengan sampo atau keramas memang wajib untuk membersihkan rambut dari debu atau minyak dari kulit kepala. Walau kegiatan ini sudah sering dilakukan, tapi masih banyak kesalahan yang dilakukan dan berakibat pada rusaknya rambut.

Kita mungkin sering bangun dengan rambut kusut setelah keramas pada malam sebelum tidur. Rupanya hal itu terjadi bukan karena polah kita saat tidur, melainkan kesalahan saat kita mencuci rambut.

Proses pembilasan yang kurang bersih juga kerap membuat sisa sampo dan minyak belum terangkat sepenuhnya dan menyumbat pori-pori. Akibatnya, kesuburan rambut terganggu.

Untuk itu, ada baiknya kamu memperhatikan enam kesalahan yang mungkin kamu lakukan saat keramas.

1. Menyisir rambut saat keramas

Rambut paling lemah dalam kondisi basah. Jadi, alih-alih menyisir rambut saat mandi atau sesudahnya, sisirlah rambut sebelum mandi.

Jika kamu perlu menyisir rambut saat mandi, pastikan untuk menggunakan sisir bergigi lebar untuk memperkecil dan menarik rambut dari akarnya.

Baca juga: Menimbang Manfaat dan Efek Samping Gel Rambut

2. Pakai sampo terlalu banyak

Jangan cuci rambut setiap hari, cukup dua sampai tiga kali seminggu. Kebiasaan menggunakan sampo dua kali saat keramas rupanya tidak efektif. Satu kali lebih dari cukup untuk membersihkan kulit kepala kita.

Penggunaan sampo yang berlebihan, terutama sampo biasa yang mengandung SLS dan formaldehyde akan mengupas kulit kepala dari minyak alami, yang pada akhirnya akan menyebabkan rambut keriting.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber fustany
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X