BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Intel

Agar Kerja Makin Produktif, Ini 5 Cara Mengisi Waktu selama Pandemi Covid-19

Kompas.com - 29/05/2020, 08:32 WIB
Ilustrasi bekerja di rumah SHUTTERSTOCKIlustrasi bekerja di rumah
|

KOMPAS.com – Selama pandemi virus corona ( Covid-19) merajalela, teknologi punya peran penting dalam mendukung aktivitas banyak orang. Hal ini berkaitan dengan peraturan pembatasan sosial atau bahkan lockdown yang berlaku hampir di seluruh negara di dunia.

Dengan peraturan tersebut, tak pelak sebagian warga dunia melakukan aktivitas sehari-hari mereka dari rumah, baik itu belajar dari rumah, beribadah dari rumah, dan bekerja dari rumah atau work from home ( WFH).

Untuk aktivitas yang terakhir disebutkan, nampaknya jadi perhatian khusus. Pasalnya, tak semua pekerja terbiasa bekerja dari rumah.

Melansir Kompas.com, Selasa (21/4/2020), salah satu chairman perusahaan yang berbasis di Hong Kong bahkan mengaku bahwa ia tidak pernah menyukai pekerjaan jarak jauh.

Adapun beberapa faktor yang dianggap menyulitkan bekerja dari rumah, mulai dari sulit membagi waktu, susahnya berkomunikasi jarak jauh, hingga perangkat laptop yang kurang mumpuni.

Namun, bila ditelaah lebih jauh sebenarnya ada cara jitu yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Simak 5 tipsnya berikut ini.

1. Buat jadwal mingguan

Suasana bekerja di kantor dan di rumah tentu tidak sama. Jika di kantor bisa bekerja lebih fokus, mungkin berbeda jika di rumah.

Pasalnya, akan ada gangguan eksternal yang bisa jadi malah merusak mood bekerja saat WFH, contohnya anak yang mengajak bermain atau harus membantu keluarga melakukan pekerjaan rumah lainnya.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut ada baiknya Anda membuat jadwal mingguan terkait pembagian waktu saat bekerja dan melakukan aktivitas rumah tangga. Dengan jadwal ini, Anda juga bisa memberikan pengertian kepada keluarga di rumah agar waktunya tidak bertabrakan.

2. Singkirkan hal yang menghambat

Keinginan untuk bermain game atau menonton drama film favorit mungkin bisa saja muncul pada saat bekerja di rumah. Tentu Anda bebas untuk melakukannya guna mengisi waktu istirahat, tetapi sebaiknya jangan berlebihan.

Fokuslah terlebih dahulu dengan pekerjaan Anda. Jangan menunda atau bahkan meninggalkan tugas yang harus dikerjakan. Caranya, Anda bisa menyingkirkan terlebih dahulu sesuatu yang menghambat kerja, seperti gadget atau konsol permainan.

Ilustrasi tempat kerja di rumahSHUTTERSTOCK Ilustrasi tempat kerja di rumah

 

3. Buat tempat kerja senyaman mungkin

Manfaatkan sudut ruangan di rumah yang membuat nyaman dan jauh dari kebisingan. Selain itu, Anda juga bisa mengisi waktu luang dengan mendekorasi tempat kerja sesuai keinginan agar menjadi lebih nyaman dan membawa energi positif.

4. Mengikuti kursus online

Isi waktu luang dengan mengikuti kursus online. Untuk diketahui, pada masa pandemi seperti sekarang banyak lembaga atau perusahaan yang mengadakan kursus online secara cuma-cuma.

Manfaatkan peluang tersebut. Selain bisa menambah ilmu dan meningkatkan keterampilan di bidang tertentu, Anda juga bisa memperluas koneksi serta relasi.

5. Gunakan perangkat laptop berkualitas

Salah satu permasalahan yang kerap menjadi penghalang produktivitas pekerja saat melakukan WFH adalah tools atau alat kerja yang digunakan.

Masalah loading lemot, laptop cepat panas, dan terlalu berat saat membuka situs website tertentu mungkin sedikit banyaknya telah mewarnai hari-hari Anda selama WFH.

Demi kenyamanan selama bekerja, tidak ada salahnya jika Anda mulai mempertimbangkan untuk mengganti perangkat laptop yang lebih berkualitas.

Jika Anda berpikiran demikian, mulailah dengan memilih laptop yang memiliki prosesor terbaik, seperti Prosesor Intel Core Generasi ke-10 yang ada pada laptop Lenovo S145, HP 14, ASUS Zenbook 13, Dell Inspiron 13, Acer Aspire 5, dan lain sebagainya.

Hal istimewa pada Prosesor Intel Core Generasi ke-10 ini adalah penerapan teknologi artificial intelligence (AI) yang memiliki skala luas pada perangkat laptop untuk pertama kalinya.

Prosesor Intel Core Generasi ke-10DOK. INTEL CORPORATION Prosesor Intel Core Generasi ke-10

Selain itu terdapat pula arsitektur grafis terbaru, konektivitas Wi-Fi 6 (Gig+), dan Thunderbolt 3 yang semuanya saling terintegrasi di dalam system on chip (SoC).

Melansir laman resmi Intel, rangkaian prosesor dengan kode nama “Ice Lake” ini menghadirkan berbagai fitur, salah satunya Intel Deep Learning Boost.

Fitur tersebut merupakan sebuah rangkaian instruksi baru yang mempercepat jaringan pada Central Processing Unit (CPU) untuk menghadirkan respons maksimum dalam berbagai aktivitas seperti peningkatan kualitas gambar, pengelompokkan foto, serta efek pada foto.

Tentu fitur ini akan sangat berguna bagi Anda yang sehari-harinya berkutat dengan dunia desain dan fotografi.

Selain itu, mesin pengolahan komputasi hingga 1 teraflop pada Graphics Processing Unit (GPU) pun dihadirkan guna menopang inferensi throughput yang tinggi seperti video editing, analitik, dan peningkatan resolusi video real-time.

Selanjutnya, terdapat fitur Intel Gaussian & Neural Accelerator (GNA) yang menawarkan kemampuan spesial untuk menangani beban kerja seperti pemrosesan suara dan pengurangan gangguan suara.

Keunggulan pada fitur tersebut adalah penggunaan daya energi yang begitu rendah untuk optimalisasi daya tahan baterai.

Lalu, prosesor teranyar ini juga menghadirkan arsitektur grafis terbaru untuk menciptakan kemampuan hiburan gaming.

Ditambah, penggandaan performa grafis menggunakan fitur Intel Iris Plus akan membuat pengalaman bermain game menjadi lebih seru pada resolusi layar 1080p.

Kemampuan itu juga akan mendukung Anda yang berkutat pada pekerjaan content creation level tinggi, seperti penyuntingan video 4K, aplikasi filter video, dan pemrosesan foto beresolusi tinggi.

Nah, jika tertarik untuk segera mengganti laptop lama dengan kualitas yang lebih terbaru tersebut, Anda bisa langsung mengunjungi beberapa situs market place seperti JD.ID, Blibli, dan Tokopedia untuk membelinya.

Ingat, jangan sampai memilih laptop hanya karena pertimbangan harga murah. Faktor ini biasanya mempengaruhi pada benefit dan fungsi laptop itu sendiri. Baiknya, pilihlah laptop dengan kualitas lebih baik dan dapat digunakan untuk periode yang lama.

Dengan begitu, aktivitas work from home tidak akan terkendala. Kinerja Anda pun akan menjadi lebih produktif dan efektif.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya