Apakah Senam Kegel untuk Pria Perlu Dicoba?

Kompas.com - 29/05/2020, 10:24 WIB
Ilustrasi olahraga shutterstockIlustrasi olahraga
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Senam kegel sering dikaitkan dengan wanita. Namun belum banyak yang tahu bahwa senam kegel juga bisa dilakukan oleh pria.

Manfaatnya dipercaya bisa memperkuat kendali kandung kemih contohnya setelah menjalani operasi prostat.

Tak hanya itu, senam kegel untuk pria juga bisa mengatasi disfungsi ereksi hingga ejakulasi dini. Namun benarkah wajib dicoba?

Meski manfaat tersebut dapat didapatkan dengan latihan kegel, namun tidak semua orang mendapatkan manfaatnya. Kecuali Anda mengalami defisiensi tenaga di area pelvis, ternyata senam ini tidak memberikan manfaat yang signifikan.

Alasan lain mengapa Anda tidak mendapatkan manfaatnya adalah karena salah dalam melakukan gerakannya.

Di era digital dan informasi seperti sekarang ini, mudah sekali menemukan tutorial senam kegel. Sayangnya masih banyak orang yang tidak bisa melakukannya walau instruksi yang diberikan sangat mudah.

Alasannya adalah karena otot lantai pelvis adalah otot internal sehingga susah untuk divisualisasikan.

Sekalipun Anda memang memiliki masalah defisiensi kekuatan otot lantai pelvis, ada baiknya langsung mengunjungi fisioterapis agar latihan lebih terarah.

Baca juga: Cara Benar Melakukan Senam Kegel

Jika Anda merasa nyeri di bagian perut atau punggung setelah melakukan latihan, artinya Anda salah dalam melakukan gerakannya.

Perlu diingat, ketika mengencangkan otot lantai pelvis, otot di perut, punggung, dan bokong seharusnya akan tetap lemas.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X