Efektif Bunuh Covid-19, Pilih Hand Sanitizer atau Tisu Antiseptik?

Kompas.com - 29/05/2020, 10:42 WIB
Ilustrasi penggunaan hand sanitizer untuk cegah penularan virus. TirachardzIlustrasi penggunaan hand sanitizer untuk cegah penularan virus.

KOMPAS.com - Hand sanitizer disebut efektif untuk membunuh virus Covid-19 ketika kita tak mendapati air mengalir dan sabun.

Ya, cara terbaik menghindar dari infeksi virus corona adalah mencuci tangan dengan sabun dan air.

Hal itu kembali ditegaskan Dr. Kalisvar Marimuthu, konsultan senior untuk penyakit menular di National Center for Infectious Diseases (NCID), Singapura.

Baca juga: Jangan Simpan Hand Sanitizer di Dalam Mobil, Ini 4 Alasannya

Dia menyebutkan, sabun dan air mengurangi jumlah semua jenis kuman di tangan, sehingga sering mencuci tangan adalah hal yang baik demi menjaga kebersihan tubuh.

Tetapi, jika kita tidak memiliki akses ke sabun dan air, maka hand sanitizer dengan kandungan setidaknya 60 persen alkohol adalah alternatif yang baik.

Agar efektif, kita harus menggunakan dalam jumlah yang cukup hingga membasahi seluruh permukaan tangan. 

Lalu, gosokkan secara merata selama kira-kira 20 detik, dan biarkan hingga kering sendiri, alih-alih mengeringkannya dengan lap.

Hand sanitizer dengan 60-95 persen alkohol membersihkan jauh lebih baik daripada varian yang menggunakan kandungan alkohol di bawah itu.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat juga menyebut, sabun dan air lebih baik, karena hand sanitizer -ternyata, tidak menghilangkan semua jenis kuman.

Baca juga: Waspada, Keseringan Pakai Hand Sanitizer Bisa Buat Bakteri dan Virus Kebal

Lalu, bagaimana dengan tisu basah antiseptik?

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X