Apakah Kamu Memiliki Kekebalan Tubuh yang Lemah? Kenali Tandanya

Kompas.com - 31/05/2020, 21:44 WIB
Ilustrasi sakit champjaIlustrasi sakit

KOMPAS.com - Mengetahui kondisi sistem kekebalan tubuh sangat penting, apalagi saat ini seluruh dunia sedang memerangi pandemi virus corona.

Seperti yang kita tahu, orang dengan kekebalan tubuh rendah atau lemah telah ditemukan lebih berisiko tertular virus Covid-19 yang mematikan.

Laporan terbaru mengungkapkan, bahwa banyak panti jompo sedang berjuang karena virus corona telah menginfeksi banyak pasien dan staf mereka.

Menurut New York Times, para manula adalah yang paling rentan terkena virus corona.

Baca juga: Pahami, 5 Nutrisi Utama untuk Sistem Kekebalan Tubuh Lawan Covid-19

Orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah atau orang-orang yang tertekan sistem kekebalannya rentan terkena penyakit dari virus, bakteri, dan patogen lainnya.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), orang-orang ini termasuk pasien HIV / AIDS, pasien kanker dan transplantasi, individu dengan penyakit bawaan, dan kondisi medis lainnya.

Sistem kekebalan sangat penting dalam perjuangan tubuh melawan partikel asing. Kerentanan seseorang terhadap infeksi dan penyakit sangat tergantung pada sistem kekebalan tubuh seseorang.

Karenanya, kekebalan tubuh bervariasi dari orang ke orang. Beberapa orang lebih rentan terhadap infeksi dan menunjukkan reaksi yang parah, sedangkan yang lain tidak memanifestasikan respons imun terhadap infeksi ringan.

Bagi mereka yang tidak yakin apakah mereka memiliki sistem kekebalan yang lemah atau tidak, Dr. Axe telah mendaftarkan semua tanda dan gejala dari sistem kekebalan yang melemah.

Mereka yang termasuk rentan terhadap infeksi adalah yang mengalami peningkatan frekuensi dan durasi penyakit, infeksi berulang, masalah pencernaan, sakit kepala, peradangan, kelelahan, nyeri otot, dan persendian serta gangguan autoimun.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X