Kompas.com - 02/06/2020, 10:35 WIB
Pandangan akan optimisme menjadi bagian penting dari gaya hidup sehat. guardianPandangan akan optimisme menjadi bagian penting dari gaya hidup sehat.

KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19, banyak orang lebih rentan mengalami masalah mental daripada sebelumnya.

Sebagian orang kerap dihampiri oleh pikiran-pikiran negatif. Menurut Founder dan Chief Creative Officer ban.do sekaligus penulis buku terlaris "The Upside of Being Down", Jen Gotch, hal itu wajar terjadi.

Menurutnya, berpikiran negatif sudah menjadi bagian dari kehidupan sebagian besar orang.

Baca juga: Ini Sebabnya Orang-Orang Optimis Lebih Panjang Umur

"Aku pernah membaca bahwa kita memiliki lebih dari 50.000 pemikiran setiap harinya, dan 70-80 persennya adalah pikiran negatif," kata Gotch, dilansir goodmorningamerica.com.

Ia menambahkan, orang-orang optimis tidak terobsesi dengan keadaan atau pengalaman negatif. Mereka justru menerima perasaan yang ada dengan syukur, humor dan penerimaan.

Bagi Gotch, sikap tersebut bukan berpura-pura seolah semuanya baik-baik saja, melainkan percaya bahwa semuanya akan baik-baik saja pada akhirnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itu, mengubah pola pikir adalah hal yang sangat penting.

"Pola pikir adalah salah satu rahasia utama kesuksesanku dan sangat membantuku dalam menghadapi semua tantangan pandemi Covid-19," ungkapnya.

Baca juga: Karakter Feminin dan Optimis pada Koleksi Musim Gugur Kate Spade

Berikut sejumlah tips yang diberikan Gotch untuk mengubah pesimisme menjadi optimisme.

1. Luangkan waktu tenang untuk mulai menyadari pikiran kita. Banyak dari kita terbiasa tenggelam dalam narasi yang terus-menerus ada dalam pikiran kita, yang seringkali didasari rasa takut dan penuh pikiran negatif. Menyadari pikiran menjadi langkah terbaik untuk memulai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X