Penyebab Makin Banyak Orang Muda Alami Serangan Jantung

Kompas.com - 03/06/2020, 09:54 WIB
Ilustrasi penyakit jantung koroner atau arteri koroner. Ilustrasi penyakit jantung koroner atau arteri koroner.

KOMPAS.com - Banyak orang menganggap serangan jantung lebih banyak dialami oleh orang tua. Namun, menurut studi yang disampaikan oleh American College of Cardiology makin banyak orang berusia di bawah 40 tahun yang mengalaminya.

Di Indonesia cukup banyak tokoh publik yang masih relatif muda juga meninggal karena penyakit ini, misalnya saja mendiang Ashraff Sinclair, Cecep Reza, hingga Mike Mohede.

Dilansir menshealth.com, para ilmuwan bahkan telah menemukan ateroklerosis atau penyumbatan pembuluh darah yang menyebabkan penyakit jantung pada pria di usia remaja dan 20 tahunan.

Apa yang menyebabkan semakin banyak orang muda terkena serangan jantung?

1. Obesitas sejak muda

Persentase anak-anak dan remaja gemuk di Amerika Serikat dan banyak negara meningkat tiga kali lipat sejak tahun 1970-an. Sayangnya, berat badan yang terlanjur gemuk itu sulit diturunkan, antara lain karena tidak bisa meninggalkan kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi kalori.

Baca juga: Belajar dari Arya Permana, Simak Kiat Ampuh Mengatasi Obesitas

Selain itu, banyak generasi muda saat ini yang minim aktivitas fisik karena banyak menghabiskan waktu di depan layar. Jarang bergerak juga bisa membuat pembuluh darah jadi kaku.

Tidak hanya untuk jantung, berat badan ekstra juga menyebabkan seluruh tubuh bekerja lebih keras.

Lemak di bagian perut juga melepaskan bahan kimia yang menyebabkan peradangan, yang dapat menyebabkan penumpukan di arteri, masuk ke pembuluh arteri lebih jauh ke hilir dan mengganggu aliran darah ke jantung.

Baca juga: 7 Hal Ini Mungkin merupakan Gejala Penyakit Jantung

Ilustrasi merokokshutterstock Ilustrasi merokok

2. Merokok sejak muda

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber menshealth
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X