Makanan Sisa dan Dibuang Berkurang Selama Pandemi

Kompas.com - 03/06/2020, 12:23 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com— Ada banyak gaya hidup sehat yang kini diadopsi masyarakat selama pandemi, salah satunya pola makan sehat.

 

Menurut hasil survei baru-baru ini, semakin banyak orang yang makan lebih sehat dan lebih sedikit menyisakan dan membuang makanan. Karantina rupanya membuat orang tidak punya pilihan dan lebih kreatif memodifikasi bahan makanan yang mereka punya.

Selain itu, pandemi juga memaksa rumah tangga untuk memasak makanan mereka sendiri, mengasup lebih banyak buah-buahan dan sayur-sayuran dan bahkan membuang makanan lebih sedikit.

Temuan ini dibuat melalui analisis jawaban atas survei yang dilakukan oleh 11.000 orang di 11 negara. Terungkap, mayoritas membeli lebih sedikit makanan siap saji yang bisa langsung dimakan hanya dengan dipanaskan, serta makanan ringan yang kurang manis dan asin.

Baca juga: Masak Praktis di Rumah dengan Tiga Bumbu Dasar

"Konsumsi produk asin, lemak, dan manis biasanya naik ketika orang-orang di bawah tekanan. Tetapi selama pandemi ini, keinginan untuk ngemil dipenuhi dengan makanan buatan sendiri," kata Charlotte De Backer, ketua FOOMS, sebuah kelompok riset di makanan dan media di Universitas Antwerp.

Hasil survei itu juga mengungkapkan bahwa pandemi ini membuat makin banyak orang menjadi koki dadakan di rumah.

Ini karena kegiatan memasak di dapur menjadi kebiasaan yang lebih umum di negara-negara dan daerah yang terkena lockdown, yang kemudian mengarah pada pilihan makanan yang lebih sehat.

Kabar baiknya, kebiasaan positif tersebut diprediksi akan bertahan lama setelah pandemi karena sudah terbiasa melakukannya setiap hari.

Ribuan orang yang sering memasak selama karantina mengatakan bahwa stres yang mereka rasakan berkurang ketika mulai memasak. Mereka juga makin kreatif, bahkan lebih berani menjajal menu baru di dapur.

Baca juga: Turunkan Stres, 5 Makanan Berikut Bantu Mood Tetap Terjaga

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X