Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Alami Meningkatkan Produksi Kolagen pada Kulit

Kompas.com - 03/06/2020, 12:34 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber fustany

KOMPAS.com - Kolagen di kulit terdiri dari jaringan yang terhubung satu sama lain, yang bertanggung jawab untuk membuat kulit terlihat berkilau, sehat, dan awet muda.

Jumlah kolagen di kulit mencapai puncaknya ketika kita berusia 20-an, dan secara bertahap menurun berdasarkan usia di mana tingkat perbaikan sel menurun.

Jika kamu sudah tidak berusia 20-an, ini saatnya untuk meningkatkan produksi kolagen kulit. 5 cara alami berikut tidak ada salahnya untuk dicoba:

1. Minum lebih banyak air

Air berfungsi seperti sihir ketika mengembalikan kolagen di kulit secara alami. Kamu mungkin bosan mendengar bahwa minum 8 hingga 10 gelas air per hari akan menyehatkan kulit kita dan melembapkan tubuh kita.

Namun, air mengandung formula tertentu yang mampu meningkatkan pembentukan serat, yang penuh dengan kolagen dan dapat meremajakan sel-sel kulit.

Air juga memiliki kemampuan untuk membasuh seluruh tubuh dari racun yang secara instan dapat mengembalikan kolagen di kulit.

Baca juga: Mengenal Manfaat Kolagen dalam Bikin Kulit Mulus

2. Sayuran

Semua jenis sayuran dan terutama yang berwarna merah sangat bermanfaat dan memiliki kemampuan untuk mengembalikan kolagen di kulit.

Sayuran seperti tomat, paprika, kol merah, dan bit merah mengandung antioksidan yang bertindak sebagai bentuk perlindungan bagi kulit terhadap penuaan dini.

Lycopene yang hadir dalam sayuran merah, juga dapat melindungi kulit dari sinar matahari UV yang berbahaya, karena bertindak sebagai tabir surya alami.

3. Wortel

Secara harfiah wortel adalah makanan kulit. Dikemas dengan Vitamin C, segelas jus wortel per hari dapat mengobati kekurangan kolagen, dan meningkatkan elastisitas kulit yang membantu memulihkan kolagen di kulit secara alami.

Wortel juga membuat kulit bebas jerawat yang berkilau dan dapat memudarkan bekas luka.

Selain itu, wortel juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan warna kulit dan menjadi bahan yang bagus untuk masker wajah.

Baca juga: Makanan yang Jadi Sumber Kolagen Alami

Halaman:
Sumber fustany
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com