Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/06/2020, 13:53 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Munculnya ketidakadilan rasial yang terjadi di AS membuat beberapa brand ikut melakukan aksi untuk melawannya. Salah satunya adalah Supreme.

Label pakaian dan skate asal New York itu mengikuti jejak label fesyen lain seperti Nike, New Balance, dan Balenciaga.

Mereka memberikan donasi sebesar 500.000 dollar AS atau setara Rp 6,9 miliar kepada empat organisasi, yaitu Black Lives Matter, Equal Justice Initiative, Campaign Zero, dan Black Futures Lab.

"Black Community telah menginspirasi dan mendukung Supreme sejak hari pertama," tulis label tersebut di akun Instagram mereka, @supremenewyork.

"Kami berdiri dalam solidaritas dengan perjuangan untuk keadilan dan kesetaraan, dan akan terus berinvestasi di masyarakat."

Baca juga: Supreme dan The North Face Berkolaborasi Melawan Covid-19

Kontribusi Supreme dalam melawan isu rasialisme di AS terjadi usai George Floyd, pria berkulit hitam berusia 46 tahun meninggal dunia pekan lalu di Minneapolis, AS.

Floyd meninggal akibat serangan yang dilakukan oleh perwira polisi kulit putih, Derek Chauvin.

Selama penangkapan, Chauvin meletakkan lutut di leher Floyd selama kurang lebih 8 menit. Chauvin didakwa atas pembunuhan tingkat dua, sementara tiga petugas lain dituduh bersekongkol dengan Chauvin.

Kematian Floyd telah memicu kesedihan dan kemarahan di AS, memicu protes massa terhadap kebrutalan polisi dan rasisme sistemik yang terjadi di seluruh 50 negara bagian.

Sejumlah label dan pengecer, termasuk mereka yang berbicara masalah sosial dan mereka yang cenderung diam, telah menyerukan agar ketidakadilan rasial segera berakhir.

Baca juga: Adidas Bersama Nike Menentang Isu Rasisme di Amerika Serikat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com