Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Covid-19, Tenaga Medis Juga Butuh Konsultasi Kesehatan Mental

Kompas.com - 05/06/2020, 17:06 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Kasus infeksi Covid-19 saat ini menjadi perhatian serius di berbagai negara, termasuk Indonesia. Jumlah pasien terus meningkat setiap harinya.

Sejak kasus pertama diumumkan awal Maret, sudah ada lebih dari 28.000 kasus pasien positif Covid-19 di Indonesia.

Namun, fakta menunjukkan bahwa masih ada ketimpangan jumlah tenaga kesehatan yang menangani Covid-19 di Indonesia. Sebaran tenaga kesehatan juga dinilai masih menumpuk di kota-kota besar.

Baca juga: Ketika Tenaga Kesehatan Harus Menghadapi Risiko Tertular Virus Corona

Kondisi ini membuat sebagian besar tenaga kesehatan kewalahan, baik fisik maupun mental.

Selama ini, banyak dari kita yang lebih fokus pada kesehatan mental masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Padahal, kondisi kesehatan mental para tenaga kesehatan tak kalah pentingnya.

Pandemi berpotensi menimbulkan tekanan psikologis bagi para tenaga kesehatan, kecemasan, rasa takut, stres, hingga depresi.

Apalagi, belum ada kepastian kapan pandemi akan benar-benar berakhir.

Para tenaga kesehatan mungkin tidak memiliki cukup waktu luang untuk memeriksakan kesehatan mental mereka ke dokter. Meski begitu, fasilitas konsultasi online bisa dimanfaatkan.

Baca juga: UNIQLO Indonesia Donasikan 500.000 Masker Medis untuk Tenaga Kesehatan

Salah satunya adalah layanan yang diperkenalkan oleh Ibunda.id, startup layanan kesehatan mental profesional berbasis inovasi teknologi yang menginisiasi sebuah gerakan untuk mendukung para tenaga kesehatan dalam gerakan #NakesTetapSehatMental.

Dikutip dari keterangan tertulisnya, #NakesTetapSehatMental adalah layanan konseling 1 on 1 dengan psikolog berlisensi yang disediakan secara graris bagi para tenaga kesehatan di seluruh Indonesia.

Layanan ini dapat diakses melalui laman ibunda.id/konselingnakes/.

Gerakan #NakesTetapSehatMental diharapkan dapat menjadi bentuk dukungan psikologis bagi para tenaga kesehatan di seluruh Indonesia dalam berjuang melawan pandemi Covid-19. 

"Dalam gerakan ini, Ibunda.id juga turut mengajak segenap masyarakat Indonesia untuk mengirimkan doa dan dan dukungan melalui kampanye media sosial dengan menggunakan #TerimaKasihNakes," demikian kutipan isi keterangan tertulis tersebut.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Virus corona

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com