Kompas.com - 05/06/2020, 20:10 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Seperti yang diketahui, bahwa seseorang dengan kondisi kesehatan yang mendasari dan penyakit bawaan bukan hanya lebih rentan terinfeksi Covid-19, tapi juga lebih parah.

Begitu pun, mereka yang memiliki penyakit jantung.

Menurut dr. Siska Suridanda Dhany, Sp.Jp, penderita jantung membutuhkan perawatan ekstra agar tidak mudah tertular Covid-19.

"Individu dengan penyakit jantung memiliki risiko penularan yg tidak jauh berbeda dengan populasi pada umumnya," kata dr. Siska saat dihubungi Kompas.com pada Jumat (5/6/2020) sore.

Baca juga: Berapa Jarak Aman untuk Cegah Penularan Covid-19?

"Namun, jika seseorang yang sudah mempunyai penyakit jantung lalu terkena infeksi Covid-19, biasanya akan lebih berat dan lebih tinggi risiko kematiannya. Sehingga mereka harus benar-benar menjaga kondisinya agar tidak tertular."

Lebih lanjut, dokter spesialis jantung di RS Harapan Kita, Jakarta itu menyebut ada beberapa langkah yang dapat ditempuh bagi penderita jantung untuk mencegah Covid-19.

"Saya sarankan penerapan jarak sosial (social distancing) yang lebih ketat," tutur dia.

Ia juga mengingatkan agar mereka yang memiliki penyakit jantung tetap melakukan perawatan rutin terhadap kondisi jantung mereka.

"Obat-obatan untuk jantung diupayakan tetap dikonsumsi seperti biasa," kata dr. Siska.

"Konsultasi dengan dokter jantung juga harus rutin, namun disarankan cara telemedicine, sehingga kontrol dapat dilakukan dari rumah dan menghindari paparan virus di rumah sakit."

Berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, angka kasus penyakit jantung dan pembuluh darah semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Setidaknya, sebanyak 15 dari 1.000 orang atau sekitar 2,7 juta individu di Indonesia menderita penyakit jantung.

Baca juga: 7 Hal Ini Mungkin merupakan Gejala Penyakit Jantung

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.