Hidung Membesar Saat Hamil Tanda Mengandung Bayi Laki-laki, Benarkah?

Kompas.com - 05/06/2020, 21:18 WIB
Ilustrasi hamil ShutterstockIlustrasi hamil

KOMPAS.com - Selama masa kehamilan, apakah hidung Anda juga semakin membesar setiap minggunya, seperti perut yang semakin membesar?

Jika Anda percaya kisah yang beredar di masyarakat, Anda kini tentu merasa yakin sedang menantikan seorang bayi laki-laki.

Namun faktanya adalah, hidung Anda juga bisa membulat dan membesar saat hamil bayi perempuan.

Baca juga: Mungkinkah Ibu Hamil Atasi Munculnya Stretch Mark? Simak Tips-nya

" Kehamilan tidak hanya mengubah tubuh atau perut Anda - retensi cairan dan pembengkakan juga dapat memengaruhi hidung," jelas Dr Goh Shen Li, seorang konsultan kebidanan dan kandungan di Klinik Wanita S L Goh di Mount Alvernia Medical Center D.

"Beberapa wanita hamil mungkin melihat pipinya semakin bulat. Atau kulit yang cenderung terlihat lebih merah karena peningkatan aliran darah di pembuluh darah.”

Sayangnya, bukan itu saja.

Perubahan hormon kehamilan dapat menyebabkan peningkatan pigmentasi. Hampir satu dari dua calon ibu menunjukkan beberapa tanda, seperti melasma (bintik-bintik gelap pada wajah) atau tahi lalat baru.

Untungnya, pigmentasi tersebut kemungkinan akan memudar setelah enam bulan, meskipun tidak akan hilang sama sekali. Jadi, tunggu sampai saat itu sebelum mempertimbangkan prosedur mencerahkan kulit.

Lalu, bagaimana dengan hidung yang membesar? Jika Anda membutuhkan jaminan, inilah faktanya.

"Sedangkan hidung dan pipi Anda yang tampak lebih bulat, mereka akan kembali normal dalam waktu enam bulan setelah melahirkan," kata Dr Goh.

Baca juga: Stres Selama Kehamilan Turunkan Peluang Memiliki Bayi Laki-laki



Sumber asiaone
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X