Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hidung Membesar Saat Hamil Tanda Mengandung Bayi Laki-laki, Benarkah?

Kompas.com - 05/06/2020, 21:18 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber asiaone

KOMPAS.com - Selama masa kehamilan, apakah hidung Anda juga semakin membesar setiap minggunya, seperti perut yang semakin membesar?

Jika Anda percaya kisah yang beredar di masyarakat, Anda kini tentu merasa yakin sedang menantikan seorang bayi laki-laki.

Namun faktanya adalah, hidung Anda juga bisa membulat dan membesar saat hamil bayi perempuan.

Baca juga: Mungkinkah Ibu Hamil Atasi Munculnya Stretch Mark? Simak Tips-nya

"Kehamilan tidak hanya mengubah tubuh atau perut Anda - retensi cairan dan pembengkakan juga dapat memengaruhi hidung," jelas Dr Goh Shen Li, seorang konsultan kebidanan dan kandungan di Klinik Wanita S L Goh di Mount Alvernia Medical Center D.

"Beberapa wanita hamil mungkin melihat pipinya semakin bulat. Atau kulit yang cenderung terlihat lebih merah karena peningkatan aliran darah di pembuluh darah.”

Sayangnya, bukan itu saja.

Perubahan hormon kehamilan dapat menyebabkan peningkatan pigmentasi. Hampir satu dari dua calon ibu menunjukkan beberapa tanda, seperti melasma (bintik-bintik gelap pada wajah) atau tahi lalat baru.

Untungnya, pigmentasi tersebut kemungkinan akan memudar setelah enam bulan, meskipun tidak akan hilang sama sekali. Jadi, tunggu sampai saat itu sebelum mempertimbangkan prosedur mencerahkan kulit.

Lalu, bagaimana dengan hidung yang membesar? Jika Anda membutuhkan jaminan, inilah faktanya.

"Sedangkan hidung dan pipi Anda yang tampak lebih bulat, mereka akan kembali normal dalam waktu enam bulan setelah melahirkan," kata Dr Goh.

Baca juga: Stres Selama Kehamilan Turunkan Peluang Memiliki Bayi Laki-laki

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber asiaone
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com