Kompas.com - 05/06/2020, 23:10 WIB
- shutterstock-

KOMPAS.com - Tak ada yang tahu pasti bagaimana karakter awal anak terbentuk. Bahkan mungkin, ada sifat-sifat tertentu yang terbentuk sebelum si kecil tiba di dunia ini.

Misalnya, beberapa calon ibu melaporkan bahwa bayi mereka sangat aktif di dalam rahim, dan ini sering cocok dengan tingkat aktivitas si kecil di tahun-tahun awal kehidupan. Dengan kata lain, kepribadiannya mulai berkembang di dalam rahim, bahkan sebelum kita menatapnya.

Namun tidak ada keraguan bahwa setelah kelahiran, bagaimana cara orangtua menanggapinya juga berperan penting.

Baca juga: Masa Sekolah Dasar, Puncak Pengembangan Kepribadian Anak

Semakin banyak orangtua tersenyum dan menunjukkan kasih sayang positif kepada bayi mereka, semakin besar kemungkinan dia menjadi responsif dan bahagia.

Jika kamu ingin membentuk karakter si kecil sejak bayi, cobalah tiga tips berikut ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Puji kekuatannya

Setiap anak memiliki beberapa kualitas diri yang disukai orangtuanya, misalnya, dia penuh kasih, lembut, dan kooperatif. Sedangkan, ada beberapa sifat lainnya yang tidak disukai, seperti dia keras kepala dan mudah kesal.

Beri pujian untuk si kecil, ketika ia bersikap sesuai yang Anda sukai, ini akan mendorong anak untuk selalu berperilaku dengan cara yang sama.

Selain itu, cobalah mencari peluang untuk anak menerapkan sifat negatifnya dengan cara yang positif.

Misalnya, keras kepala itu bisa baik ketika seorang anak berusia satu tahun begitu bertekad untuk menyelesaikan mainan puzzle, sehingga ia menolak untuk menyerah.

Baca juga: Lihatlah, Bagaimana Stres pada Orangtua Bisa Sangat Melukai Anak

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber asiaone
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X