Amankah "Gowes" di Luar Ruangan Selama Pandemi?

Kompas.com - 07/06/2020, 13:53 WIB
Sejumlah warga bersepeda di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (31/5/2020).  Mereka menggunakan masker. DOKUMEN PRIBADISejumlah warga bersepeda di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (31/5/2020). Mereka menggunakan masker.

KOMPAS.com— Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang diminati selama pandemi. Walau demikian, kita wajib memperhatikan protokol kesehatan, apalagi jika kegiatan gowes ini dilakukan beramai-ramai.

Menurut David Nieman, Dr.PH., profesor kesehatan di Appalachian State University, bersepeda di luar ruangan tetap aman selama kita melakukannya sendirian.

Ia tak menyarankan untuk bersepeda bersama-sama, karena ketika orang berkumpul bersama dan seseorang bersin atau batuk, droplet akan melekat ke benda yang disentuh orang, lalu ada kemungkinan mereka menyentuh wajahnya.

Paparan droplet antarsepeda bisa terjadi dalam jarak 10 meter dengan kecepatan sekitar 10 km per jam.

Untuk itu, yang terbaik saat ini adalah bersepeda solo sambil menikmati alam bebas di daerah-daerah yang tidak padat.

Cobalah mengatur waktu dan rute yang akan dilalui supaya tak ada banyak orang berlalu-lalang. Hindari bersepeda ke wilayah zona merah penyebaran Covid-19.

Baca juga: Hari Sepeda Sedunia dan Perubahan Gaya Hidup di Tengah Pandemi...

Bersepeda selama 30 hingga 60 menit akan membantu sistem kekebalan tubuh dan mencegah paparan virus. Hindari bersepeda jika kamu sakit atau berisiko menyebarkan virus.

Sementara itu, menurut Ketua Gerakan Bike to Work, Poetoet Soedarjanto, seperti dikutip dari Kompas.id (4/6), kita juga wajib memakai perlengkapan sepeda yang bisa mencegah paparan droplet.

Perlengkapan tersebut berupa pakaian berlengan panjang, sarung tangan, masker, kacamata, penutup kepala (bandana/topi untuk pesepeda).

Jangan lupa menyediakan antiseptik pencuci tangan dan handuk kecil untuk mengelap keringat, membawa botol minum yang tertutup plastik dan peralatan makan sendiri, serta memilih masker berbahan kain yang tidak terlalu rapat dan mengganggu pernapasan.

Selama pandemi dianjurkan untuk gowes seorang diri. Apabila berkelompok, sebaiknya dalam skala kecil 2-5 orang.

Pada saat gowes, hindari jalur ramai dan zona merah. Jangan lupa untuk selalu jaga jarak antarpesepeda minimal 4 meter.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Bicyling
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X