Pilihan Film Riri Riza untuk Ditonton Lewat Gawai

Kompas.com - 07/06/2020, 15:20 WIB
Riri Riza saat berkunjung ke Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (24/9/2019). KOMPAS.com/IRA GITARiri Riza saat berkunjung ke Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (24/9/2019).

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat bioskop dan arena konser yang biasanya tak pernah sepi menjadi tutup rapat sejak pertengahan Maret silam.

Untuk mendapatkan hiburan, kini menonton streaming di layar gawai masing-masing menjadi sebuah gaya hidup baru.

Kendati begitu, bagi sutradara Riri Reza menonton film secara konvensional di layar bioskop tetap menjadi pilihan utamanya.

“Kalau nonton di bioskop itu sifatnya komunal dan di ruangan besar. Menonton film itu tentang experience,” ujarnya dalam acara diskusi online yang digelar Oppo Find X2 (4/6).

Pengalaman berbeda yang bisa didapatkan di bioskop antara lain melalui tata suara dan tampilan layar, sehingga menghasilkan pengalaman yang lebih terasa dengan filmnya.

Menonton di layar gawai memang bukan hal baru, bahkan sudah mulai menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: IndoXXI Resmi Tutup, Ini 6 Layanan Streaming Film Legal

Beberapa sutradara besar pun kini sudah membuat film-film yang ditayangkan eksklusif di platform digital melalui layar kecil.

Riri pun mengaku juga sering menonton film lewat layar ponselnya.

“Enaknya nonton di gawai itu bisa tetap privat sambil pakai earphone. Filmnya juga bisa di-pause. Ada beberapa film yang saya nikmati dengan digital platform, biasanya film pendek, film dokumenter atau pun pidato,” ujarnya.

Riri pun ikut membuat film pendek dari rumahnya menggunakan ponsel Oppo Find X2 yang menceritakan aktivitasnya bersama keluarga di rumah selama pandemi. Film yang berdurasi sekitar satu menit itu ia unggah di akun Instagramnya.

“Itu project bersama Oppo, yang saya lakukan di rumah, mengajak anak-anak dan keluarga. Saya bernostalgia menggunakan Oppo Find X2,” kata sutradara film Ku Lari ke Pantai itu.

Menurutnya, fitur-fitur terbaru dalam ponsel Oppo ini sudah lebih dari cukup untuk pembuatan film pendek.

Baca juga: Pandemi Corona, Riri Riza: Ada film Sudah Tayang 10 Hari, tapi Harus Terhenti

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X