Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembali Bekerja saat New Normal, Ini Barang yang Harus Dibawa

Kompas.com - 08/06/2020, 11:15 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Pelaksanaan new normal akan dijalankan oleh sejumlah daerah dalam waktu dekat. Beberapa perusahaan bahkan sudah meminta karyawannya untuk kembali masuk kantor.

Bagaimana dengan kantor Anda? Sudah siapkah Anda untuk kembali bekerja di kantor?

Salah satu keresahan pekerja kantoran dalam menyongsong new normal adalah keamanan penggunaan transportasi umum yang biasa mereka gunakan, seperti KRL, bus, hingga MRT.

Di samping kekhawatiran seputar kebersihannya, faktor kepadatan penumpang, baik di dalam kendaraan ataupun di stasiun/halte, menyebabkan banyak orang khawatir akan penularan virus corona.

Tidak hanya di angkutan umum, di kantor pun Anda masih bisa terpapar oleh virus corona dengan mudah.

Ruang kantor yang terbuka dan tanpa sekat, contohnya penggunaan satu meja besar bersama-sama; atau pemakaian barang-barang kantor secara bergantian, seperti gelas, piring, sendok, dan semacamnya; juga akan membuat rentan tertular Covid-19.

Baca juga: New Normal, Bagaimana Mencegah Penularan Virus Corona di Tempat Kerja?

Sebelum kembali ke kantor, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebagai bekal dalam menjalani kehidupan sehari-hari dalam new normal atau tatanan hidup baru ini.

Bekal ini akan melindungi Anda dan keluarga dari paparan virus corona yang masih mengintai, saat harus pergi dan bekerja di kantor ataupun menjalani aktivitas lainnya di luar rumah.

Untuk membantu meminimalisir risiko penularan Covid-19 dalam transportasi umum dan di kantor, berikut barang-barang yang dapat Anda persiapkan mulai dari sekarang.

1. Masker

Masker adalah alat penting yang perlu digunakan untuk mencegah penularan Covid-19 di transportasi umum dan kantor karena alat ini dapat mencegah droplet masuk ke mulut dan hidung.

Masker kain yang banyak dijual di berbagai toko daring bisa menjadi pilihan. Suatu penelitian menyatakan bahwa masker kain dapat memiliki efektivitas yang sama dengan masker bedah jika digunakan dengan tepat.

Jangan lupa untuk membeli lebih dari satu masker supaya Anda bisa menggantinya ketika salah satu masker sudah kotor.

Baca juga: Riset: Pakai Masker Kurangi Penularan Covid-19 Sampai 75 Persen

2. Hand sanitizer

Hand sanitizer diperlukan jika Anda tidak menemukan tempat untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun, seperti di dalam bus atau kereta.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com