Menjaga Tubuh Bugar Tanpa Peralatan Olahraga Selama di Rumah Saja

Kompas.com - 08/06/2020, 21:48 WIB
gerakan squat g-stockstudiogerakan squat

KOMPAS.com - Pandemi virus corona mengharuskan kita banyak menghabiskan waktu dan melakukan aktivitas di rumah. Pandemi juga membuat pusat kebugaran harus ditutup.

Tapi jangan khawatir, untuk menjaga tubuh tetap bugar, kita bisa berolahraga dengan mengandalkan peralatan yang ada di rumah, seperti kertas toilet dan kaleng makanan.

Berikut tips untuk menjaga kebugaran dengan peralatan yang ada di rumah.

Baca juga: Bugar dan Sehat dengan 5 Menit Olahraga Tiap Hari

Sebelum memulai, siapkan dua kaleng makanan yang sedang tidak dipakai, seperti kaleng sarden atau kaleng buah. Lakukan latihan ini rutin selama 45 detik diikuti dengan istirahat 15 detik. Ulangi setidaknya 3 set setiap hari.

1. Sumo squat

Berdirilah dengan kaki selebar bahu. Buka kedua kaki dan pegang sebuah kaleng, arahkan ke depan dengan kedua tangan kemudian posisikan lurus sejajar dada.

Selanjutnya, tarik napas secara perlahan, lihat lurus ke depan, dorong pantat ke belakang dan turun ke posisi jongkok, pastikan lutut sekitar 90 derajat tertekuk dan punggung lurus.

Perhatikan, posisikan berat badan harus bertumpu pada tumit. Selanjutnya dalam posisi jongkok, genggamlah kaleng dan buat gerakan memutar di atas kepala. Ulangi gerakan ini di arah yang berlawanan. Dorong tumit untuk berdiri.

2. Gerakan lutut ke belakang dan mengangkat tangan

Berdirilah dengan kaki sejajar, setelah berdiri sejajar angkat telapak kaki ke belakang dan posisikan sejajar dengan lutut ditekuk sekitar 90 derajat, seperti posisi berlutut dengan satu kaki .

Setelah itu secara perlahan, angkat kedua tangan setinggi bahu. Dalam posisi itu, lutut belakang harus melayang beberapa sentimeter di atas tanah, dan tumit belakang terangkat. Pastikan tekukan lutut bagian depan tidak melebihi jari kaki.

Baca juga: Pelatih Selebritas Hollywood Bongkar 5 Cara Sederhana agar Tubuh Bugar

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X