Kompas.com - 08/06/2020, 23:56 WIB
Ilustrasi anak tidur nyenyak SONTAYA CHAISAMUTRIlustrasi anak tidur nyenyak

KOMPAS.com - Anak Anda masih kecil, tetapi sudah memiliki kantung mata? Ini tentu meresahkan. Apalagi, jika Anda orangtuanya tak memiliki kantung mata. Sebenarnya, apa yang bisa menjadi penyebabnya?

Menurut Dr Natalie Epton, dokter spesialis anak dan ahli neonatologi, kantung mata dapat terjadi karena beberapa alasan, termasuk kulit alami, hidung tersumbat, dan kurang tidur.

Jika anak tidur malam kurang dari 11 jam, sangat mungkin ini bisa menjadi penyebab munculnya kantung mata.

Baca juga: Sibuk Kerja, Orangtua Modern Biarkan Anak Tidur Lebih Malam

Para ahli internasional dari American Academy of Pediatrics dan National Health Service di Inggris setuju, bahwa persyaratan tidur yang direkomendasikan pada anak balita adalah 11 hingga 14 jam.

Jika Anda kesulitan untuk membuat anak tidur lebih awal, lakukan rutinitas tidur malam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Misalnya, lakukan makan malam lebih awal sekitar jam 5.30 sore sampai 6 sore, diikuti dengan waktu mandi dan membaca buku cerita di tempat tidur,” saran Dr Epton.

Hindari TV atau waktu layar lainnya di malam hari menjelang waktu tidur, karena ini bisa terlalu merangsang dan membuat anak sulit tertidur.

Jika dia terbiasa tidur pada jam 10 malam, sekarang secara bertahap cobalah mengembalikan waktu tidur setengah jam setiap minggu sampai dia secara konsisten tidur pada jam 8 malam.

"Dalam keluarga saya, suami saya dan saya mencoba untuk membiasakan anak berusia empat tahun di tempat tidur sebelum jam 8 malam, anak berusia tujuh tahun pada jam 8 malam sampai jam 8.30 malam, dan anak berusia 10 tahun pada jam 8.30 malam," kata Dr Epton.

"Kadang-kadang, itu tidak mungkin, tapi selalu jadikan itu tujuan. Dengan begitu, kita juga mendapatkan waktu istirahat bersama tanpa anak-anak."

“Ingatlah bahwa anak yang lelah justru dapat menjadi lebih hiperaktif dan menahan diri untuk pergi tidur; perilaku ini tentu bukanlah ukuran yang baik,” tambahnya.

Baca juga: Tidur Nyenyak dan Rutin Olahraga Bisa Bantu Anak Tumbuh Lebih Tinggi



Sumber Asia One
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.