Kompas.com - 09/06/2020, 08:32 WIB
Dalam olahraga Crossfit, salah satu gerakan dasar yang sering dilakukan adalah melakukan lompat tali (skipping). KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTODalam olahraga Crossfit, salah satu gerakan dasar yang sering dilakukan adalah melakukan lompat tali (skipping).

KOMPAS.com - Brand pendukung, pusat kebugaran, dan para atlet yang selama ini berafiliasi dengan CrossFit memutuskan kerjasama dengan merek program kebugaran tersebut terkait gerakan Black Lives Matter.

Pemutusan kerjasama sejumlah pihak dengan badan usaha yang terdaftar dengan merek dagang CrossFit, Inc., itu terjadi menyusul kicauan CEO CrossFit Greg Glassman di Twitter.

Glassman dirasa tidak sensitif dalam mengeluarkan pernyataan tentang George Floyd, dan protes Black Lives Matter yang saat ini pecah di banyak tempat di Amerika Serikat. 

Pada tanggal 4 Juni, Institute for Health Metrics and Evaluation men-tweet pernyataan yang menyebut rasisme dan diskriminasi adalah masalah kesehatan masyarakat kritis yang menuntut tanggapan segera.

Baca juga: Ketika J.Lo Turun ke Jalan Ikut Aksi Black Lives Matter

Nah, dalam tanggapan terhadap kalimat itu, pada 6 Juni Glassman menulis "Ini FLOYD-19."

 

Kalimat pendek itu merujuk pada gaya penulisan Covid-19 sebagai virus yang telah merusak tatanan dunia selama enam bulan terakhir.

Tweet Glassman mengacu pada sosok George Floyd -pria kulit hitam yang meninggal pada 25 Mei, ketika seorang petugas polisi berlutut di lehernya selama lebih dari delapan menit.

Akibatnya, anggota komunitas CrossFit segera mempermasalahkan tweet tersebut.

Tanggapan terhadap tweet dari para penggemar kebugaran menyebut pernyataan itu tidak peka, bahkan menjijikkan, dan rasis.

Baca juga: Gabungan Lari dan Crossfit Bantu DJ Ini Turun Berat Badan

Banyak juga yang mendesak afiliasi dan sponsor untuk menghentikan kemitraan dengan merek CrossFit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
RECIPES
SUP PANGSIT
SUP PANGSIT
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X