7 Cara Meningkatkan Hormon Testosteron Secara Alami

Kompas.com - 09/06/2020, 11:59 WIB
Ilustrasi olahraga shutterstockIlustrasi olahraga
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Hormon testosteron memainkan fungsi yang krusial untuk kesehatan kaum pria, bahkan juga pada wanita.

Apabila kadar hormon ini menurun, risiko kesehatan pun akan menghantui pria - seperti masalah seksual, obesitas, hingga penyakit jantung.

Meningkatkan hormon testosteron perlu dilakukan agar kadarnya tetap sehat, yang bisa dilakukan secara alami.

Dengan gaya hidup sehat, berikut ini cara meningkatkan hormon testosteron:

1. Konsumsi lemak sehat, protein, dan karbohidrat

Pola makan memiliki pengaruh besar terhadap hormon testosteron dan hormon lainnya. Salah satu yang bisa dicoba untuk menjaga kadar testosteron adalah dengan mengonsumsi makanan sumber protein.

Karbohidrat dan lemak sehat pun berperan dalam pengendalian hormon pria ini. Bahkan, karbohidrat dilaporkan dapat mengoptimalkan kadar testosteron selama latihan ketahanan.

2. Beraktivitas fisik dan angkat beban

Cara sehat lain untuk meningkatkan hormon testosteron adalah dengan berolahraga. Dalam sebuah studi komparatif yang dimuat dalam European Journal of Applied Physiology, pria yang berolahraga secara teratur memiliki level testosteron yang tinggi.

Latihan ketahanan, termasuk dengan angkat beban, dilaporkan menjadi jenis aktivitas fisik terbaik untuk meningkatkan testosteron – baik jangka panjang maupun jangka pendek.

Halaman:


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X