Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/06/2020, 21:03 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Pulse.ng

KOMPAS.com - Kita tentu kesal bila ada kecoa yang merayap di dapur atau bagian rumah yang lainnya. Biasanya, untuk membunuh kecoa, kita menyemprotnya dengan racun serangga.

Sayangnya, racun serangga yang mengandung insektisida kerap meninggalkan bekas yang berbahaya bila terkspose oleh anak-anak.

Nah, jika ingin mengusir kecoa tanpa membahayakan manusia, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan. Ini beberapa di antaranya:

1. Minyak atsiri/ essential oils

Tahukah kamu bahwa kecoa membenci aroma peppermint, lavender, eucalyptus, dan minyak greentea? Itu karena aroma ini mengganggu dan menutupi jejak aroma yang digunakan kecoa untuk berburu makanan mereka.

Kecoa bahkan bisa mati ketika mereka terkena konsentrasi minyak atsiri yang lebih tinggi, khususnya minyak peppermint.

Gunakan minyak esensial untuk mengusir kecoa secara alami dengan meletakkan beberapa tetes minyak peppermint pada bola kapas, dan menyeka tempat-tempat di mana kecoa biasanya bersembunyi atau memasuki rumah.

Kamu juga bisa membuat semprotan dengan mencampur 15 tetes minyak peppermint dan 300 ml air dalam botol semprot. Aduk rata dan semprotkan di tempat kecoa biasanya masuk dan di daerah yang gelap dan lembap.

Baca juga: 7 Khasiat Minyak Esensial untuk Kesehatan

2. Boraks

Boraks adalah pembersih alami yang efektif dan alternatif yang lebih aman daripada pembersih konvensional. Bahan ini mengandung asam borat yang ketika dicerna oleh kecoa, akan merusak lapisan sel usus mereka.

Untuk membunuh kecoa dengan boraks, campur dua sendok makan boraks dan dua cangkir gula dalam satu liter air dan tuangkan campuran ke dalam botol semprot.

Kamu juga bisa menambahkan dua hingga tiga tetes minyak peppermint ke dalam campuran. Aduk rata dan semprotkan di daerah tempat bersarangnya kecoa. Tak hanya kecoa, ramuan ini juga dapat mengusir semut.

3. Tanah diatom

Ini adalah zat tidak beracun yang dapat digunakan untuk membunuh dan mengusir kecoa secara alami. Tanah diatom juga dikenal bisa mengusir kutu dan tungau. Ketika kecoa kontak dengan zat ini dengan memakannya, tubuhnya akan mengering dan hal itu akhirnya membunuhnya.

Untuk menggunakan bahan ini secara efektif, campur tanah diatom dengan gula untuk menarik kecoa.

Taburkan tipis-tipis di sekitar pintu masuk rumah atau di mana saja tempat kecoa biasa bersembunyi. Pastikan kamu menggunakan kembali obat ini setiap hari karena ia cenderung menyerap kelembapan dari atmosfer.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Pulse.ng


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com