Kompas.com - 10/06/2020, 07:41 WIB
Kulit sehat ShutterstockKulit sehat

KOMPAS.com - Kulit yang segar dan kencang adalah dambaan banyak orang. Tak sedikit yang bersedia menghabiskan banyak uang dan waktu untuk membuat kulitnya tampak lebih muda.

Sayangnya, intervensi kulit tetap harus dibarengi dengan faktor lain, seperti pola makan sehat, hingga menghindari paparan sinar matahari dan menggunakan tabir surya.

Meski penuaan adalah hal alami yang akan dialami setiap orang.

Baca juga: 7 Tips Mencegah Penuaan Dini

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari karena bisa mempercepat proses penuaan, seperti dilansir pinkvilla.com.

1. Makanan digoreng

Makanan yang digoreng melepaskan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel kulit dan melemahkan elastisitas kulit.

Oleh karena itu, makanan seperti kentang goreng, gorengan, dan lainnya, sebaiknya dihindari.

Selain itu, makanan yang digoreng juga tinggi kandungan garam. Ada pun garam merupakan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap penuaan dini.

2. Gula putih 

Konsumsi gula putih terlalu banyak secara rutin dapat berkontribusi pada pembentukan advanced glycation end (AGEs) yang merusak kolagen.

Baca juga: Dampak Buruk Sering Berbuka dengan Gorengan terhadap Kesehatan Kulit

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X