Kompas.com - 10/06/2020, 09:18 WIB
CEO PT Eigerindo MPI Ronny Lukito bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mengecek produksi alat pelindung diri (APD), belum lama ini. Dok EIGER ADVENTURECEO PT Eigerindo MPI Ronny Lukito bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mengecek produksi alat pelindung diri (APD), belum lama ini.

KOMPAS.com – Tidak mudah menjalankan usaha di masa pandemi Covid-19, apa pun bidang bisnisnya.

Omzet berbagai perusahaan pun turun bebas. Satu per satu perusahaan runtuh. Bahkan, pemutusan hubungan kerja (PHK) terjadi di mana-mana.

Penurunan omzet, dirasakan juga oleh Ronny Lukito, CEO PT Eigerindo MPI yang memiliki sejumlah produk tas dan aksesoris asal Bandung, seperti Eiger, Bodypack, dan Exsport.

Baca juga: Kuwait dan Belgia Bidik Hazmat Produksi Bandung

Sejak Pemerintah mengumumkan kasus pertama virus corona di Indonesia, omzet MPI langsung merosot. Maret 2020, pencapaian perusahaan itu hanya 79 persen dari target.

Pada April saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai diberlakukan di beberapa tempat, pencapaian perusahaan itu hanya 37 persen.

Lalu, di bulan Mei 2020, tercapai sebanyak 60 persen dari target.

Di masa-masa seperti ini, Ronny mengaku terus berpikir keras. Ia meminta seluruh leader di perusahaan tersebut untuk mengefisiensi hal-hal yang memungkinkan.

“Perusahaan rugi tak apa, yang penting keluarga selamat, keluarga seluruh pekerja selamat. Setelah selamat, bantu perusahaan untuk bertahan,” ungkap Ronny.

Baca juga: Nyaman di Luar Ruang, Eiger Bikin Koleksi Hijab Dingin

Ronny mengaku percaya, pandemi ini terjadi atas seizin Tuhan. Pasti Tuhan tidak akan diam dan suatu hari nanti bisa dipetik manfaat dari kondisi sekarang.

Rapid test

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X