Robot Seks untuk Manusia, Membantu atau Mengganggu?

Kompas.com - 10/06/2020, 10:22 WIB
Ilustrasi robot seks guardianIlustrasi robot seks
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ketika teknologi semakin maju, banyak kegiatan manusia digantikan mesin atau robot, tidak terkecuali urusan bercinta.

Berawal dari boneka dan alat bantu seks, kini manusia menciptakan robot yang dibuat khusus untuk aktivitas seksual.

Seperti halnya boneka seks, robot seks penampakannya benar-benar realistis dan dibuat semirip mungkin dengan manusia. Bahkan, robot seks bisa dibuat sesuai kebutuhan dan selera pemiliknya.

Teknologi memungkinkan robot seks dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan bisa berbincang-bincang sederhana. Akibatnya tidak semua orang mampu membelinya karena harga yang selangit.

Selain harganya yang relatif tinggi, ada banyak kontroversi seputar robot seks karena dianggap lebih banyak risiko ketimbang manfaatnya.

Baca juga: Apakah Bercinta dengan Robot Termasuk Selingkuh?

Kontroversi seputar robot seks

Para penciptanya mengklaim bahwa robot seks tidak berbahaya sama sekali. Bahkan, keberadaan robot seks disebut bisa mencegah terjadinya pelecehan seksual dengan memastikan hasrat seksual pemiliknya “terpenuhi”.

Itulah sebabnya, robot seks didesain tidak terbatas gender. Bukan hanya untuk laki-laki saja, tapi juga perempuan. Namun benarkah klaim ini sepadan dan didukung dengan bukti ilmiah?

Tim peneliti dari NHS London dan King’s College London berkolaborasi untuk menjawabnya. Mereka adalah Chantal Cox-George dan Susan Bewley yang mengumpulkan database segala informasi terkait klaim benarkah robot seks memiliki therapeutic effect.

Didukung dengan riset komprehensif dan diskusi bersama pakar lain, hingga kini tak ada bukti bahwa sexbot berdampak pada kesehatan mental seseorang.

Halaman:


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X