Tengok, Bagaimana Jepang Melindungi Para Pengendara Sepeda

Kompas.com - 11/06/2020, 08:59 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com -  Antusiasme warga dunia dalam bersepeda ikut meroket seiring dengan merebaknya penyebaran virus corona.

Bersepeda dinilai sebagai moda transportasi yang relatif lebih aman untuk melindungi diri dari paparan Covid-19, ketimbang harus menggunakan transportasi umum.

Bahkan, sejumlah negara Eropa sampai mengeluarkan anggaran khusus untuk infrastruktur dan santunan demi menyokong warga mereka beralih menggunakan sepeda.

Baca: Dampak Covid-19, Bersepeda Jadi Kehidupan Normal yang Baru?

Demikian pula di Indonesia, pemandangan di media sosial menunjukkan bagaimana toko-toko sepeda di berbagai kota besar di Tanah Air, ramai didatangi pembeli.

Bersepeda mungkin bisa pula menjadi pilihan alat transportasi "aman" yang bisa digunakan warga di kota-kota besar Indonesia.

Atau, bisa pula kegiatan ini menjadi hobi baru yang menyehatkan.

Baca: Ada Pandemi Covid-19, Sepeda Jadi Alat Transportasi dan Hobi Warga

Nah, di antara sekian banyak negara di dunia, Jepang mungkin adalah satu dari sedikit negara yang sangat menaruh perhatian terhadap keselamatan pada pesepeda.

Pemerintah Jepang, Selasa (9/6/2020) menyetujui revisi undang-undang lalu lintas demi memperketat aturan yang pada dasarnya melindungi keselamatan para pesepeda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X