Berkebun Sayur, Hobi Baru yang Bikin Bahagia di Tengah Pandemi

Kompas.com - 11/06/2020, 13:03 WIB
Ilustrasi berkebun dengan bekas sayuran. Dok. Today.comIlustrasi berkebun dengan bekas sayuran.

KOMPAS.com - Hanya di rumah saja akibat pandemi Covid-19 ternyata memunculkan beragam hobi baru, salah satunya adalah dengan berkebun sayuran.

Berkebun dianggap sebagai aktivitas yang menenangkan, ramah keluarga, serta bisa membantu memenuhi kebutuhan pangan harian di tengah krisis pandemi.

Dilansir Reuters, penjualan bibit buah-buahan dan sayur-sayuran pun meningkat secara global dalam beberapa waktu terakhir.

Salah satu yang memulai hobi berkebun di tengah pandemi adalah seorang warga Texas, Jaime Calder.

Calder mulai kembali berkebun setelah sempat berhenti sebelumnya karena pindah rumah.

Perempuan yang berprofesi sebagai editor majalah itu menanam bawang, blackberry, chard, semangka, hingga cabai tahun ini. Ia juga memperluas kebunnya karena menanam lebih banyak tanaman.

"Ini mungkin tidak bisa menghidupi lima orang anggota keluarga, tapi setidaknya kami mencoba untuk tidak terlalu sering berbelanja keluar dalam beberapa bulan ke depan," katanya seperti dilansir Reuters.

Baca juga: Berkebun di Rumah, Ini 7 Jenis Sayuran Cepat Panen

Selain untuk mengisi waktu, berkebun juga kerap dimanfaatkan oleh orangtuabuntuk mengajak anak-anaknya bermain sebagai aktivitas luar ruangan.

Warga lainnya yang juga menikmati rutinitas berkebun di tengah pandemi adalah Melanie Pittman, seorang guru yang tinggal di area seluas 5 hektar di dekat Crete, Illinois.

Pittman bersama pasangannya mengumpulkan bibit-bibit tanaman dan alat berkebun untuk lebih menghidupkan kebunnya.

Halaman:


Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X